Opera Browser kini bisa digunakan untuk mengakses konten yang diblokir melalui VPN
Opera Browser kini bisa digunakan untuk mengakses konten yang diblokir melalui VPN

Opera Rilis Fitur VPN, Anda Jadi Bisa Buka Situs Apa Saja

Teknologi opera software
Riandanu Madi Utomo • 21 April 2016 21:20
medcom.id: Opera baru saja mengumumkan akan menghadirkan fitur virtual private network (VPN) untuk Opera Browser miliknya. Fitur tersebut kini telah tersedia pada Opera Browser versi developer dan bisa diunduh oleh siapa saja. Namun, sekarang ini, fitur itu hanya dapat dinikmati melalui Opera Browser untuk desktop.
 
Melalui VPN, pengguna Opera Browser bisa mengakses berbagai situs secara anonymous, jadi, aktivitas mereka tidak bisa terlacak, sehingga mereka aman dari berbagai ancaman siber. Selain itu, pengguna fitur VPN di Opera Browser juga bisa mengakses berbagai situs yang diblokir oleh pemerintah.
 
Menurut The Verge, VPN tidak hanya berfungsi agar penggunanya bisa berselancar di internet lebih aman. Penggunaan VPN di Opera Browser juga dikatakan akan membuat pemerintah serta pihak lain menjadi tidak dapat melacak penggunaan internet seseorang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


VPN juga memungkinkan penggunanya untuk mengakses berbagai konten yang tidak tersedia di negaranya. Salah satu contohnya adalah pengguna Netflix di Indonesia akan bisa mengakses konten Netflix yang tersedia di Amerika Serikat.
 
Opera Rilis Fitur VPN, Anda Jadi Bisa Buka Situs Apa Saja
 
Kehadiran fitur VPN pada Opera Browser memang sangat menarik, pasalnya selama ini layanan VPN merupakan layanan berbayar. Meski ada yang gratis, namun VPN tersebut biasanya penuh dengan keterbatasan, seperti memiliki tingkat keamanan yang buruk atau tidak memiliki bandwidth yang cukup besar untuk digunakan oleh banyak pengguna.
 
Cara kerja VPN sendiri cukup sederhana. Jika biasanya sebuah perangkat bisa langsung mengakses server situs yang dituju, penggunaan VPN akan mengalihkan koneksi ke sebuah server khusus yang kemudian akan diarahkan ke server situs yang dituju.
 
Pengalihan tersebut membuat berbagai filter seperti pemblokiran yang digunakan oleh pemerintah tidak bisa berkutik, sebab yang terbaca bukan alamat server yang ada di dalam daftar pemblokiran melainkan alamat server VPN, meski konten yang dikirimkan sebenarnya merupakan konten yang dilarang.
 

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif