Google akan mematikan layanan penyingkat URL. (AP Photo / Virginia Mayo, File)
Google akan mematikan layanan penyingkat URL. (AP Photo / Virginia Mayo, File)

Google Tutup Layanan Penyingkat URL

Teknologi internet google
Ellavie Ichlasa Amalia • 01 April 2018 16:04
Jakarta:Google mengumumkan bahwa mereka akan menutup layanan penyingkat URL, goo.gl. Mereka menyebutkan para pengguna baru dan anonim tidak lagi bisa membuat tautan menggunakan layanan goo.gl per 13 April.
 
Namun, pengguna lama masih bisa menggunakan layanan ini sampai satu tahun ke depan. Setelah itu, Google akan menutup layanan ini sepenuhnya.
 
Menurut laporan The Verge, Firebase Software Engineer Michael Hermanto bekata bahwa Google memperkenalkan layanan pemendek URL pada 2009. Sejak saat itu, cara orang untuk berbagi informasi di internet telah berubah dan layanan penyingkat URL menjadi semakin populer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hermanto berkata, Google ingin menggantikan layanan ini dengan Firebase Dynamic Links (FDL), yang memungkinkan pengguna untuk mengakses lokasi spesifik di iOS, Android atau aplikasi internet.
 
Para pengguna lama akan tetap bisa menyingkat URL dan memindahkan data dari konsol goo.gl hingga 30 Maret 2019. Setelah itu, tautan yang telah dipersingkat masih akan terus mengarahkan pengguna ke tujuan asli. Namun, tautan itu tidak akan dipindahkan ke konsol Firebase baru.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif