ASUS ZenFone Max Pro M1

Selain RAM 6GB, Kamera Kini Lebih Bagus

Cahyandaru Kuncorojati 17 Agustus 2018 17:23 WIB
asus
Selain RAM 6GB, Kamera Kini Lebih Bagus
ASUS ZenFone Max Pro M1.
Jakarta: Beberapa waktu lalu, ASUS meluncurkan smartphone baterai sekaligus RAM besar yaitu ASUS ZenFone Max Pro M1 yang sukses menarik minat penggemar mobile gaming di Indonesia.

Setelah sukses menghadirkan performa memuaskan dari   ASUS ZenFone Max Pro M1 kapasitas RAM 3GB dan 4GB yang sudah Medcom.id ulas semuanya, kini ASUS meningkatkan daya tariknya dengan menyediakan varian kapasitas RAM 6GB.

Medcom.id menemukan bahwa bukan hanya kapasitas RAM saja yang meningkat, tapi juga dari sisi kamera. Pengalaman Medcom.id kerap menemukan bahwa smartphone yang mengandalkan RAM serta baterai biasanya tidak terlalu fokus di kemampuan kameranya.


Kini hal itu tampak dibantah oleh ASUS, seakan ingin menegaskan ZenFone Max Pro M1 6GB memiliki seluruh fitur yang dibutuhkan penggunanya terutama kamera.

Kami melakukan perbandingan pengambilan foto di luar ruangan dengan kondisi pencahayaan yang cukup. Terlihat hasil foto kamera ASUS ZenFone Max Pro M1 (6GB) mampu menyajikan hasil foto yang lebih terang, dengan warna yang masih natural.



Apabila hasil foto diperbesar di bagian pintu, terlihat foto dari ASUS ZenFone Max Pro M1 (6GB) masih mampu menangkap bayangan objek foto yang terpapar cahaya matahari dengan sangat tebal dan jelas.

Beralih ke foto dalam kondisi malam hari,  hasil foto dari kamera ASUS ZenFone Max Pro M1 (6GB) masih mampu menangkap warna lampu penerangan jalan yang aslinya berwarna putih termasuk warna bendera kanan di tepi jalan.



Hal tersebut menunjukkan akurasi warna yang baik, sementara hasil foto kamera smartphone kompetitor justru menampilkan warna lampu penerangan jalan menjadi sedikit warna kuning.

Dalam pengambilan foto pada objek dengan jarak lebih dekat untuk mendapatkan detilnya terlihat hasil foto kamera ASUS ZenFone Max Pro M1 (6GB) mampu menangkap detil dari bunga plastik dan menampilkan gradasi warna yang sangat jelas.



Melihat bagian latar foto tersebut, hasil foto kamera ASUS ZenFone Max Pro M1 (6GB) masih menampilkan akurasi warna latar dinding berwarna putih sementara hasil foto kamera smartphone kompetitor kembali terlihat sedikit kuning.

Kemudian diadu hasil foto selanjutnya dalam kondisi pencahayaan yang sangat cukup. Terlihat kedua kamera smartphone mampu menghasilkan kualitas foto yang sama baiknya.



Namun, kondisi berupa warna yang sedikit kuning kembali ditemukan dalam hasil foto menggunakan kamera depan. Terlihat bahwa hasil foto kamera depan ASUS ZenFone Max Pro M1 (6GB) menyajikan fokus yang lebih baik dan masih bisa menghasilkan warna natural dalam kondisi minim cahaya sekalipun.



Melihat komparasi yang telah dilakukan, ASUS ZenFone Max Pro M1 (6GB) dinilai masih memiliki daya tarik yang patut dimiliki meskipun menghadirkan varian kapasitas RAM satu per satu.

Dibandingkan Redmi Note 5 yang hanya tersedia kapasitas RAM 3GB dan 4GB, ASUS ZenFone Max Pro M1 menyediakan RAM 6GB dengan baterai lebih besar, 5.000 mAh.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.