Melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang digelar di Jakarta pada 21 Agustus 2025, kedua perusahaan sepakat untuk berkolaborasi menghadirkan ekosistem Contact Center berbasis Kecerdasan Buatan (AI) yang lebih komprehensif di Tanah Air
Melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang digelar di Jakarta pada 21 Agustus 2025, kedua perusahaan sepakat untuk berkolaborasi menghadirkan ekosistem Contact Center berbasis Kecerdasan Buatan (AI) yang lebih komprehensif di Tanah Air

Infomedia Gandeng Microsoft Garap Contact Center Berbasis AI di Indonesia

Cahyandaru Kuncorojati • 28 Agustus 2025 08:43
Jakarta: PT Infomedia Nusantara (Infomedia), anak usaha PT Telkom Indonesia, Tbk, mengambil langkah strategis untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin solusi layanan pelanggan dengan menggandeng Microsoft Indonesia. 
 
Melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang digelar di Jakarta pada 21 Agustus 2025, kedua perusahaan sepakat untuk berkolaborasi menghadirkan ekosistem Contact Center berbasis Kecerdasan Buatan (AI) yang lebih komprehensif di Tanah Air.
 
Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT Infomedia Nusantara, Eddy Sofryano, dan Country General Manager Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir. 

Kemitraan ini mencakup pengembangan solusi bersama, integrasi teknologi, inovasi pengalaman pelanggan, hingga strategi pemasaran untuk mendorong pertumbuhan di ekosistem digital Indonesia.
 
Langkah ini diambil di tengah transformasi besar yang melanda industri contact center, di mana ekspektasi pelanggan terus meningkat menuntut layanan yang lebih cepat, personal, dan konsisten di berbagai kanal (omnichannel). 
 
Dalam konteks ini, AI menjadi teknologi kunci untuk menghadirkan layanan yang cerdas dan efisien, mulai dari Conversational AI untuk layanan otomatis hingga predictive analytics untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan.
 
Eddy Sofryano menyatakan bahwa kolaborasi ini lebih dari sekadar adopsi teknologi. "Kolaborasi ini bukan sekadar adopsi teknologi, tetapi wujud komitmen Infomedia dalam menciptakan dampak nyata bagi pelanggan,” ungkapnya.
 
“Dengan dukungan AI dan platform digital komprehensif, kami membantu perusahaan meningkatkan produktivitas, mengoptimalkan biaya, sekaligus menghadirkan solusi end-to-end yang relevan dengan kebutuhan industri," ujar Eddy.
 
Kemitraan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah layanan melalui pengembangan solusi yang spesifik untuk berbagai industri. 
 
Selain itu, kolaborasi ini bertujuan untuk menghadirkan wawasan berharga bagi perusahaan melalui kapabilitas AI Microsoft, seperti Voice Intelligence dan Customer Service Insights, yang mampu menganalisis sentimen dan memahami niat pelanggan.
 
"AI memiliki potensi besar untuk mentransformasi industry contact center kita dengan menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih cepat, lebih cerdas dan lebih personal. Teknologi ini mendorong efisiensi, memberdayakan agen dan kami sangat antusias untuk mengeksplor berbagai peluang ini Bersama Infomedia," tutur Dharma Simorangkir.
 
Aspek keamanan juga menjadi fokus utama. Infomedia dan Microsoft berkomitmen untuk menghadirkan solusi yang selaras dengan regulasi di Indonesia, didukung oleh Microsoft Security Copilot dan standar kepatuhan internasional seperti GDPR, ISO, dan SOC, untuk menjamin keamanan data pelanggan.
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan