AMD FidelityFX Super Resolution merupakan teknologi upscaling yang memungkinkan sebuah game mendapatkan peningkatan (enhanced) kualitas grafis sekaligus kinerja (boost) dari frame rate.
Pada AMD FSR 3.1 dihadirkan penyempurnaan yang lebih baik pada kemampuan upscaling selain itu tersedia juga mode opsi kualitas grafis bernama ‘Native AA’. Mode ini maish dihadirkan untuk bisa mendukung seluruh kartu grafis baik dari AMD maupun merek lain.
AMD mengklaim bahwa mereka mencatat peningkatan adopsi AMD FSR 3.0 di banyak game termasuk game terbaru. Tidak kurang pada Maret 2-24 tercatat sudah ada 40 game yang mengadopsi teknologi ini.
Makanya tidak menunggu lama, enam bulan setelahnya AMD FSR 3.1 dirilis untuk bisa digunakan oleh banyak developer game dalam bentuk open-source. Pada ajang GDC 2024 para developer bisa melihat langsung kemampuan dari AMD FSR 3.1.
Pada peningkatan kualitas grafis, AMD FSR 3.1 meminimalisir efek flickering dan shimmering atau ‘fizzines’ pada objek bergerak di dalam game. Update terbaru juga meningkatkan kemampuan mengurangi ghosting serta menjaga detail lebih baik.
AMD FSR 3.1 juga dirancang untuk bisa bekerja dengan teknologi upscaling lain sehingga memberikan peningkatan performa pada solusi serupa yang sudah ada. Satu lagi, update terbaru mempermudah developer untuk melakukan debug dan membuat game mereka bisa langsung kompatibel dengan AMD FSR 3.1.
AMD menyatakan bahwa untuk menikmati peningkatan dari AMD FSR 3.1 termasuk mode ‘Native AA’ direkomendasikan untuk game menjalan game dengan frame rate minimal 60fps sehingga dihasilkan performa high-quality yang optimal sekaligus mencegah lonjakan latensi.
Mereka juga mengimbau saat menggunakan AMD FSR 3.1 sekaligus Variable Refresh Rate di layar monitor juga pastikan grafis berjalan sesuai dengan refresh rate dari monitor untuk menghindari efek screen tearing, atau jika dibutuhkan bisa mengaktifkan fitur V-sync.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News