Bocoran Anyar Prosesor Kelas Atas Qualcomm
Chipset mobile high-end terbaru Qualcomm dilaporkan tidak akan mengusung nama Snapdragon 8150.
Jakarta: Qualcomm akan mengumumkan lini chipset mobile high-end terbarunya di ajang Snapdragon Technology Summit pada tanggal 4 hingga 6 Desember mendatang. Gelaran acara ini dilaporkan akan fokus pada jaringan telekomunikasi 5G.

Karena itu, ajang tersebut diperkirakan juga akan diikuti oleh sejumlah pengumuman dari operator seluler, produsen ponsel, dan laptop. Rumor yang beredar menyebut Qualcomm siap untuk mengubah skema penamaan produknya.

Sebagai informasi, pada skema penamaan generasi pertama, produk Qualcom mengusung unsur nama S1, S2, S3, dan S4. Sedangkan pada generasi kedua, penamaan produk Qualcomm menjadi 200, 300, 400, 600, 700, dan 800, seperti yang ditemukan pada produknya saat ini.


Namun, chipset terbaru yang tengah dipersiapkan Qualcomm muncul di situs benchmark dan diidentifikasi dengan nama sm8150. Hal ini mendorong spekulasi bahwa chipset terbaru perusahaan asal Amerika Serikat ini akan mengusung nama Snapdragon 8150.

Laporan yang diterbitkan PCMag membantah informasi tersebut. Mereka menyebutkan, sm8150 hanyalah kode nama internal Qualcomm untuk chipset terbarunya dan bukan nama yang akan digunakan saat prosesor itu akhirnya diluncurkan ke pasar.

Sayangnya, PCMag tidak menawarkan informasi alternatif terkait nama yang akan diusung chipset terbaru ini.

Belum lama ini, Qualcomm menghadirkan modem dengan nama X24 sebagai produk 4G terbaru dan X50 sebagai modem 5G pertama, menimbulkan spekulasi terkait peluang penamaan chip menjadi Snapdragon 5000.

Selain itu, laporan terbaru turut menyebut bahwa informasi terkait konfigurasi inti CPU yang beredar sebelumnya masih diragukan kebenarannya. Sebelumnya, chipset Qualcomm ini dikabarkan akan mengusung inti dengan tiga cluster, yang menggabungkan dua cluster utama dan satu cluster performa super tinggi.

Qualcomm juga dirumorkan tengah mengembangkan chip lain yang dirancang khusus untuk laptop Windows. Chip ini mengusung kode nama internal sm8180 dan tidak akan dipasarkan dengan nama Snapdragon 8180.



(ELL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.