Jantung yang dibuat oleh peneliti di Tel Aviv University. (Tel Aviv University)
Jantung yang dibuat oleh peneliti di Tel Aviv University. (Tel Aviv University)

Peneliti Ciptakan Jantung dengan 3D Printer

Teknologi teknologi
Ellavie Ichlasa Amalia • 18 April 2019 08:22
Jakarta:Para peneliti di Tel Aviv University berhasil mencetak jantung 3D pertama menggunakan sel dan material biologis lain dari seorang pasien.
 
Ini adalah pencapaian di dunia medis, yang dipublikasikan dalam Advanced Science. Kali ini, para peneliti berhasil membuat jantung, lengkap dengan sel, pembuluh darah, dan kamar jantung.
 
Jantung yang dicetak kali ini jauh lebih baik daripada usaha para peneliti sebelumnya, yang hanya bisa membuat sel sederhana tanpa adanya pembuluh, lapor Engadget.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam proses pembuatan jantung ini, langkah pertama adalah biopsi jaringan lemak yang diambil dari seorang pasien.
 
Material sel dari jaringan itu kemudian digunakan sebagai "tinta" dalam proses "pencetakan" jantung. Ini memungkinkan para peneliti untuk membuat model jaringan kompleks, yang pada akhirnya bisa menciptakan jantung.
 
Satu hal yang harus diingat, jantung yang berhasil dicetak para peneliti memiliki ukuran yang tidak besar. Ukuran jantung ini sama seperti jantung kelinci. Namun, ini menunjukkan bahwa tidak tertutup kemungkinan, ke depan, para peneliti akan bisa menciptakan organ untuk manusia.
 
Sekarang, jantung yang dicetak para peneliti ini hanya bisa menegang. Ke depan, para peneliti berharap mereka akan bisa membuat jantung yang dicetak 3D ini bisa mengembang dan menegang, layaknya jantung sebenarnya.
 
Jika mereka berhasil melakukan ini, langkah mereka selanjutnya adalah mentransplantasikan organ itu ke binatang.
 
Selama bertahun-tahun, para peneliti telah berusaha untuk membuat organ dengan 3D printer. Tujuan akhir mereka adalah membuat organ manusia yang bisa berfungsi sehingga bisa digunakan sebagai organ transplantasi.
 
Para peneliti di Tel Aviv University memperkirakan, organ printer bisa digunakan di rumah sakit dalam waktu 10 tahun ke depan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif