Smartfren mengumumkan kesiapannya dalam mengantisipasi peningkatan trafik pada Ramadan dan Idul Fitri.
Smartfren mengumumkan kesiapannya dalam mengantisipasi peningkatan trafik pada Ramadan dan Idul Fitri.

Smartfren Umumkan Kesiapannya Sambut Ramadan dan Idul Fitri

Teknologi smartfren andromax
Lufthi Anggraeni • 25 April 2019 10:05
Bandung: Smartfren mengumumkan kesiapannya dalam menyambut bulan Ramadan dan Idul Fitri yang identik dengan peningkatan konsumsi jaringan internet di Indonesia. Smartfren mengaku telah melakukan sejumlah persiapan.
 
“Berdasarkan data yang kami miliki ketika Ramadan tahun lalu sepanjang jalur mudik pulau Jawa serta di kota singgah atau tujuan, lalu lintas komunikasi mengalami peningkatan tren bukan hanya dari H-3, tapi satu minggu menjelang Idul Fitri,” ujar VP Technology Relations and Special Project Smartfren Munir SP.
 
Dalam persiapannya, Smartfren menyebut telah melakukan pemeriksaan dan memprediksi bahwa Ramadan tahun ini akan mengalami peningkatan lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karenanya, Smartfren akan menambahkan kapasitas dengan rata-rata 30 persen di titik lokasi yang diprediksi akan menjadi jalur sibuk selama Ramadan, jelang, dan sesudah Idul Fitri. Selain itu, Smartfren turut menyebut telah mempersiapkan tim Task Force di lapangan.
 
Tim dengan jumlah sekitar 200 orang ini bertugas untuk melakukan pemantauan intensif selama 24 jam dalam tujuh hari melalui Network Operation Center (NOC) yang ditempatkan di seluruh jalur mudik, lokasi publik dan kota tujuan.
 
Selain itu, Smartfren turut memperkirakan bahwa kenaikan trafik selama bulan Ramadan tahun 2019 ini akan terjadi mulai pukul 16.00 sore hingga pukul 01.00 dini hari. Aktivitas ini diperkirakan akan didominasi pada konsumsi jaringan untuk media sosial dan aplikasi streaming musik dan video.
 
Masih menjadi primadona, Smartfren turut memprediksi media sosial dan aplikasi streaming perlu berbagi kue dengan konsumsi jaringan untuk akses ke aplikasi game selama bulan Ramadan dan Idul Fitri mendatang.
 
Persiapan ini diklaim Smartfren akan menjamin ketersediaan jaringan sebesar 99 persen di titik yang diprediksi akan sibuk selama Ramadan dan Idul Fitri, berkat potensi gangguan dan kerusakan yang telah diminimalisir.
 
Sementara itu, Smartfren juga menyebut tidak hanya ingin dikenal masyarakat karena paket kuota yang ditawarkannya, tapi juga karena fitur tambahan yang dihadirkannya. Karenanya, Smartfren menawarkan konsep One Stop Companion.
 
Konsep ini diwujudkan melalui sejumlah persiapan yang dilakukannya tersebut, paket internet kuota tanpa batas melalui Super 4G Unlimited, Super 4G Kuota, dan layanan digital termasuk Super 4G Video, Super 4G Music dan Super 4G Games.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif