Ilustrasi
Ilustrasi

Sertifikat SSL tak Jamin Situs Aman

Teknologi cyber security
Ellavie Ichlasa Amalia • 27 November 2018 16:05
Jakarta:Anda kini tidak lagi bisa berasumsi bahwa sebuah situs aman ketika Anda melihat ikon gembok kunci pada baris alamat. PhishLabs, perusahaan anti-phishing memberikan penjelasan mengenai hal ini.
 
PhishLabs menyebutkan bahwa 49 persen situs phishing memiliki sertifikat Secure Sockets Layer, yang berarti ada ikon gembok pada baris alamat. Angka ini naik naik dari 35 persen pada kuartal kedua. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, angka ini naik 14 persen dari angka 25 persen.
 
Situs phishing akan mencoba menipu Anda untuk memberikan informasi penting, seperti akun perbankan Anda dengan menyamarkan diri sehingga ia terlihat seperti situs resmi. Hanya saja, sekarang, trafik mereka juga akan terenkripsi ketika mereka melakukan penipuan ini, lapor Engadget.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pendiri dan CTO PhishLabs, John LaCour menganggap naiknya jumlah situs phishing yang menggunakan SSL disebabkan oleh para penyerang itu sendiri dan keputusan dari para pembuat software. Banyak pelaku phishing yang membeli domain situs dan segera membuat sertifikat SSL untuk domain tersebut.
 
Google mencoba mengurangi penipuan dengan memperingatkan para pengguna akan situs yang tidak aman. Ini mendorong para pelaku phishing membuat situs mereka aman sehingga Chrome tidak akan mendeteksi situs penipuan itu.
 
Untungnya, para pengembang peramban internet berusaha mengurangi kemungkinan terjadinya phishing dengan memblokir situs yang memang sudah diketahui sebagai situs phishing, tidak peduli apakah situs itu memiliki sertifikat SSL atau tidak. Sayangnya, mereka tidak bisa memblokir semua situs phishing.
 
Cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari situs phishing yang terlihat aman adalah untuk berhenti berasumsi. Anda harus mempertanyakan keaslian sebuah situs yang meminta informasi akun dan password Anda meski ia terlihat asli.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif