Menteri Susi Kenalkan Aplikasi Laut Nusantara ke Nelayan Bali

Ellavie Ichlasa Amalia 12 Oktober 2018 13:33 WIB
xltelekomunikasi
Menteri Susi Kenalkan Aplikasi Laut Nusantara ke Nelayan Bali
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (tengah).
Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memperkenalkan aplikasi khusus untuk nelayan dari XL pada komunitas nelayan Bali. Sebelum ini, aplikasi Laut Nusantara telah diluncurkan pada akhir Agustus lalu.

Dalam acara yang diadakan pada Rabu, 10 Oktober, wanita yang akrab dengan panggilan Susi ini memberikan penyerahan simbolis tiga paket perangkat Laut Nusantara. Paket itu terdiri dari satu smartphone Android, kartu SIM dengan paket data sebanyak 1GB dan buku panduan. 

Sebelum meluncurkan Laut Nusantara, tim XL dan BROL sengaja menanyakan nelayan apa yang mereka perlukan. 


Kepala BROL, Dr. I Nyoman Radiarta M.Sc menyebutkan bahwa informasi yang diberikan pada aplikasi Laut Nusantara sangat relevan dengan nelayan individual yang hidup-matinya tergantung pada hasil tangkapan mereka. 

Aplikasi Laut Nusanatara menyediakan informasi seperti wilayah tangkapan, sebaran ikan di pelabuhan dan cuaca di laut. Laut Nusantara merupakan hasil kolaborasi antara XL dengan Balai Riset dan Observasi Laut (BROL).

"Aplikasi “Laut Nusantara” ini dibangun selama kurang lebih 5 bulan," kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya. Dia menyebutkan, data pada aplikasi Laut Nusantara didapatkan langsung dari stasiun bumi BROL untuk memastikan keakuratan data. 

Setiap tiga hari, data pada aplikasi akan diperbarui menggunakan data dari satelit khusus. Sementara informasi prakiraan dibuat berdasarkan analisis dari data selama 20 tahun lalu.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.