Google menghapus aplikasi yang berkemampuan mendeteksi aplikasi buatan pengembang Tiongkok dari Play Store.
Google menghapus aplikasi yang berkemampuan mendeteksi aplikasi buatan pengembang Tiongkok dari Play Store.

Google Hapus Aplikasi Anti-Tiongkok

Teknologi teknologi google
Lufthi Anggraeni • 03 Juni 2020 09:01
Jakarta: Aplikasi Remove China Apps ditemukan di Google Play Store dan baru-baru ini dihapus oleh Google dari toko aplikasinya. Aplikasi ini dilaporkan menjadi judul aplikasi dengan jumlah unduhan terbanyak di Play Store selama akhir pekan lalu.
 
Phone Arena melaporkan bahwa aplikasi ini diluncurkan pada dua pekan lalu, dan pengembang aplikasi ini menyebut pihaknya menggunakan penelitian pasar untuk menentukan negara asal aplikasi. Judulnya mengesankan aplikasi akan menghapus aplikasi karya pengembang Tiongkok secara otomatis.
 
Namun pengembang aplikasi Remove China Apps menyebut akan mencantumkan aplikasi dan negara asal dalam daftar, sehingga pengguna dapat memilih aplikasi yang ingin dihapus dari perangkat dan aplikasi yang ingin dipertahankan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, pengguna dapat menghapus aplikasi satu per satu dengan satu kali klik. Keterangan di Play Store menyebut bahwa aplikasi ini tengah dikembangkan hanya untuk tujuan pendidikan. Menurut Android Authority, aplikasi ini telah diunduh sebanyak satu juta kali hingga penghujung hari Minggu lalu.
 
Angka pengunduhan aplikasi Remove China Apps juga dilaporkan mengalami peningkatan pesat pada tanggal 1 Juni lalu, menjadi lima juta unduh. Pengembang aplikasi ini, OneTouch AppLabs, berlokasi di India, dilaporkan sebagai negara yang tengah mengalami pertumbuhan sentimental terhadap Tiongkok.
 
Situs pengembang aplikasi Remove China Apps ini menyebut bahwa tujuan menciptakan aplikasi tersebut adalah untuk mendukung pernyataan Perdana Menteri India Narendra Modi terkait Atm Nirbhar Bharat atau India yang mengandalkan negaranya sendiri.
 
Pengembang aplikasi ini juga menyebut bahwa Remove China Apps akan membantu masyarakat mendukung Atm Nirbhar Bharat dengan mengidentifikasi negara asal aplikasi yang terpasang di smartphone pengguna.
 
Selain itu, pengembang aplikasi ini juga mengklaim bahwa Remove China Apps aman untuk diinstal karena tidak meminta perizinan akses apapun dari ponsel. Pihak Android Authority yang menguji Remove China Apps menyebut aplikasi ini menandai TikTok dan Xiaomi Mi Remote pada ponsel Android.
 
Namun aplikasi ini gagal mengidentifikasi game karya pengembang asal Tiongkok, Tencent, yaitu PUBG Mobile. Remove China Apps juga tidak dapat mengidentifikasi aplikasi bawaan pada smartphone buatan produsen asal Tiongkok.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif