NEWSTICKER
Samsung dirumorkan tengah mengembangkan sensor kamera beresolusi 150MP.
Samsung dirumorkan tengah mengembangkan sensor kamera beresolusi 150MP.

Samsung Kembangkan Sensor 150MP?

Teknologi teknologi samsung
Lufthi Anggraeni • 18 Maret 2020 08:08
Jakarta: Saat ini, Samsung menjadi satu-satunya vendor yang memproduksi sensor di atas 100MP dan rumor yang beredar menyebut bahwa perusahaan ini akan kembali menantang persaingan melalui peluncuran sensor 150MP pada akhir tahun ini.
 
Sensor ini akan berukuran besar yaitu satu inci, jika dibandingkan dengan kamera Sony RX100. Sensor ini tergolong lebih besar jika dibandingkan dengan ISOCELL Bright HMX 1/1.33 inci, sebagai sensor 108MP pertama.
 
Selain itu, sensor Samsung ini juga lebih besar jika dibandingkan dengan sensor 1/1.2 inci yang digunakan oleh Nokia 808 PureView. Sensor 150MP Samsung akan menggunakan teknologi nonacell pixel binning 9-in-1, menghasilkan gambar beresolusi 16MP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini meningkat dari 12MP yang dihasilkan oleh prosedur pada Galaxy S20 Ultra. Sebagai informasi, versi sensor yang digunakan Xiaomi hanya mendukung teknologi binning 4-in-1. Xiaomi juga diperkirakan akan menjadi produsen pertama yang menggunakan sensor baru ini dalam ponsel karyanya.
 
Ponsel cerdas Xiaomi ini akan diluncurkan pada Q4 tahun 2020 ini, diikuti oleh ponsel karya dua produsen asal Tiongkok lainnya pada awal 2021 mendatang. Samsung juga akan menggunakan sensor ini pada perangkat unggulannya, diperkirakan mulai dari model Galaxy S terbaru.
 
Sebelumnya, Samsung berniat mengakhiri layanan bernama PlayGalaxy Link, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019 lalu bersamaan dengan Samsung Galaxy Note 10 Series. Kabar bahwa Samsung akan menutup layanan PlayGalaxy Link muncul tiba-tiba di situs resmi layanan ini.
 
Dijelaskan bahwa berdasarkan keputusan pihak internal, PlayGalaxy Link akan berhenti beroperasi pada 27 Maret 2020. Padahal layanan tersebut selama ini masih beroperasi dalam tahap beta. Artinya, Samsung PlayGalaxy Link belum benar-benar dirilis alias versi final.
 
Layanan ini memang hanya bisa diakses di beberapa smartphone Samsung yang termasuk kelas high-end, mulai dari Galaxy S10 Series Galaxy S9 Series, Galaxy Fold, Galaxy Note 10 Series, Galaxy Note 9, dan Galaxy A90.
 
Sementara itu, menurut perwakilan Samsung di forum versi Korea Selatan, Samsung telah berencana untuk menghadirkan versi terbaru dari One UI karyanya ke perangkat unggulan Galaxy model lama, termasuk seri S9 dan Note 9.
 
Saat ini, hanya dua seri ponsel Samsung yang menggunakan One UI 2.1 yaitu seri Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip. Dan menurut moderator forum di Korea Selatan, seri Galaxy S10 dan Note 10 juga akan memperoleh software terbaru ini.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif