Oppo menjelaskan secara lebih mendetail terkait ColorOS 11 yang dibangun berbasis Android 11.
Oppo menjelaskan secara lebih mendetail terkait ColorOS 11 yang dibangun berbasis Android 11.

Oppo Jelaskan Secara Detail ColorOS 11

Teknologi teknologi oppo
Lufthi Anggraeni • 16 September 2020 15:03
Jakarta: Setelah resmi diperkenalkan secara global, antarmuka pengguna terbaru karya Oppo, bertajuk Oppo 11 juga dijelaskan secara lebih detail oleh Oppo Indonesia. Dengan usungan tema Make Life Flow, Oppp Indonesia menegaskan ColorOS 11 mempertahankan sejumlah fitur bawaan Android.
 
Kehadirannya di Indonesia yang tidak berselang lama dari peluncuran global serta peluncuran Android 11 diklaim Oppo Indonesia dapat dilakukannya berkat kerja sama erat antara Oppo dengan pengembang sistem operasi Android tersebut, Google.
 
“Ini momen yang sangat menggembirakan bagi pengguna Oppo di Indonesia, sebagai salah satu negara pertama yang dapat menikmati ColorOS 11 versi beta serta fitur-fitur terbarunya. ColorOS mendapatkan feedback dari lebih dari 20 juta pengguna Indonesia dan melalui kesempatan ini ingin memenuhi komitmen kami melalui ColorOS 11,” ujar PR Manager Oppo Indonesia Aryo Medianto A.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Oppo Indonesia menjelaskan bahwa ColorOS menghadirkan sejumlah inovasi, salah satunya adalah kemampuan untuk menciptakan wallpaper, font, nada dering dan ikon sesuai dengan kreativitas pengguna perangkat dengan dukungan antarmuka pengguna baru in.
 
Kemampuan menciptakan nada dering sesuai keinginan pengguna dihadirkan ColorOS 11 melalui fitur Oppo Relax 2.0, memungkinkan pengguna untuk mengombinasikan suara dengan menyamarkan suara bising di sekitar pengguna atau white noise mix dan juga berbekal koleksi suara dari berbagai kota di seluruh dunia.
 
Oppo Indonesia turut menjelaskan bahwa pada ColorOS 11, pihaknya terfokus pada UI Customization, berdasarkan masukan dan keinginan pengguna smartphone Oppo. Masukan pengguna ini salah satunya diwujudkan via fitur Three-Finger Translate.
 
Fitur yang didukung oleh Google Lens ini diklaim sebagai buah kolaborasi resmi pertama Oppo dan Google, berkemampuan menerjemahkan teks via screenshot yang diambil dengan gestur usap tiga jari dari bezel bawah layar ke atas.
 
ColorOS 11 juga mengusung fitur Flexdrop baru, diklaim memungkinkan pengguna menonton video dan mengetik pesan secara bersamaan.
 
Pengguna juga dapat beralih antar aplikasi dan mengendalikan perangkat smart home via menu Device Control yang dihadirkan ColorOS 11, tanpa perlu mengunduh aplikasi lain.
 
Selain itu, ColorOS 11 turut memperkenalkan UI First 2.0, menggabungkan mesin lag-reduce milik OPPO dengan Quantum Animation. UI First 2.0 disebut mampu meningkatkan pemanfaatan RAM sebesar 45 persen, memperbaiki tingkat respons hingga 32 persen, dan kecepatan frame rate sebesar 17 persen.
 
Juga berdasarkan masukan yang kerap dikhawatirkan pengguna, Oppo membekali ColorOS 11 dengan fitur Super Power Saving Mode terbaru, memungkinkan pengguna memilih enam aplikasi penting untuk dijalankan dalam keadaan low-battery.
 
Masukan pengguna, terutama pengguna di Indonesia, juga diwujudkan Oppo via fitur Battery Guard. Fitur ini diklaim mampu mencegah kerusakan akibat pengisian daya berkepanjangan pada voltase daya tidak stabil, dan berkemampuan untuk mempelajari kebiasaan pengguna.
 
Oppo Indonesia mengklaim bahwa fitur ini akan menghentikan pengisian daya secara otomatis saat mendeteksi kapasitas daya 80 persen di malam hari. Kemudian, fitur akan melanjutkan pengisian daya sampai penuh saat pengguna bangun.
 
Fitur unggulan ColorOS 11 lain adalah AI App Preloading, berkemampuan mempelajari perilaku pengguna dengan mempersiapkan aplikasi yang paling sering digunakan. Fitur ini diklaim dapat mengurangi waktu pemuatan aplikasi.
 
SuperTouch juga tersedia pada antarmuka pengguna terbaru Oppo ini, merupakan fitur berkemampuan mengidentifikasi skenario penggunaan serta mengoptimalkan kecepatan respon sentuh dan meningkatkan kelancaran sistem.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif