Produk tablet dan stylus Wacom. (DigitalArts)
Produk tablet dan stylus Wacom. (DigitalArts)

Produsen Wacom Dituduh Mata-Matai Pengguna

Teknologi teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 13 Februari 2020 16:07
Jakarta: Merek Wacom dikenal sebagai perangkat tablet serta stylus yang kerap digunakan oleh desainer untuk membuat animasi dan sejenisnya. Kabarnya perusahaan di balik perangkat yang populer ini didam-diam mengumpulkan data penggunanya
 
Hal ini tentu saja menjadi perhatian serius di tengah isu keamanan data dan privasi penggunanya. Dilaporkan bahwa Wacom mengumpulkan data mengenai aplikasi apa yang dibuka oleh pengguna mereka.
 
Dikutip dari The Verge, seorang teknisi software bernama Robert Heaton menemukan sebuah kejanggalan setelah dia memasang perangkat Wacom yang baru di laptopnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah bagian persetujuan pengguna atas kebijakan Wacom, Heaton menemukan sebuah pesan berisi "data penggunaan, sesi informasi teknis, dan informasi perangkatnya" akan dibagikan ke layanan Google Analytics. Artinya, data pengguna Wacom akan dibagian ke luar.
 
Google Analytics sendiri digunakan oleh developer dan perusahaan untuk memahami kebiasaan penggunanya. Hal ini jelas tidak berkaitan dengan Wacom sehingga tidak jelas tujuan perusahaan tablet stylus ini mengumpulkan data penggunanya.
 
"Mengapa Wacom berpikir bahwa dia diperbolehkan merekam semua kegiatan atau aplikasi yang saya akses, termasuk catatan waktu dan nama aplikasinya yang sifatnya bisa mengidentifikasi saya (penggunanya)," tulis Heaton di blog miliknya.
 
Pihak Wacom akhirnya memberikan jawaban. Mereka menyatakan bahwa data pengguna yang dikumpulkan demi menyediakan jaminan kualitas perangkat dan bagian dari pengembangan produk ke depannya. Wacom mengklaim bahwa semua data penggunanya bersifat anonim alias tidak bisa dikenali.
 
Wacom kemudian membagikan informasi bahwa tersedia opsi bagi mereka yang datanya tidak ingin dikumpulkan oleh perusahaan tersebut. Caranya dengan menolak ikut serta dalam Wacom Experience Program. Mereka juga menegaskan tidak mengumpulkan MAC address maupun serial number dari tiap produk.
 
"Kami tidak memiliki akses ke data personal. Kami tidak menelusuri pengguna secara spesifik karena data dibuat anonim dan diagregasi. Kami juga tidak bisa mengetahui apa yang dibuat oleh pengguna atau kegiatan mereka di aplikasi pihak ketiga," jelas Wacom.
 
"Data yang dikumpulkan di bagian Wacom Desktop Center, Wacom Tablet Properties, dan Wacom Tables hanya berisi informasi input dari pena (stylus), pengaturan ExpressKey, dan preferensi gaya menggunakan produk Wacom," klaim Wacom.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif