Mediatek dilaporkan akan meluncurkan Dimensity 8100 pada bulan Maret mendatang.
Mediatek dilaporkan akan meluncurkan Dimensity 8100 pada bulan Maret mendatang.

Mediatek Siapkan Dimensity 8100 pada Bulan Maret

Lufthi Anggraeni • 17 Februari 2022 13:59
Jakarta: Mediatek merilis teaser terkait platform Dimensity 8000 pada bulan Desember lalu, dan rumor yang beredar menyebut chipset ini akan diproduksi dengan proses 5nm oleh TSMC. Chipset ini dilaporkan hampir siap untuk diluncurkan.
 
Mengutip GSM Arena, kini leakster Digital Chat Station mengungkap bahwa chipset ini akan meluncur pada bulan Maret mendatang, dengan nama Dimensity 8100. Chipset ini akan didukung oleh CPU octa-core, dengan empat core performa Cortex-A78 berkecepatan 2.75 GHz.
 
Sementara itu, chipset Dimensity 8100 ini juga didukung GPU Mali-G510, dikembangkan oleh ARM dan belum dapat ditemukan pada SoC lain. Platform ini diperkirakan akan meluncur sebagai penerus dari Dimensity 1100, sebab merupakan versi di bawah Dimensity 9000, platform premium unggulan Mediatek.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan informasi terdahulu, chipset baru ini dilaporkan akan mengusung nama Dimensity 7000. Penamaan chipset terbaru Mediatek ini baru dapat dipastikan saat secara resmi diluncurkan pada bulan depan.
 
Sebelumnya, pada bulan November 2021 lalu, Mediatek mengumumkan chipset terbaru bernama MediaTek Dimensity 9000. Chipset ini digadang Mediatek sebagai tonggak sejarah bagi perusahaannya, menyoroti kebangkitan Mediatek dengan hadirnya chipset smartphone 5G.
 
Kala itu, MediaTek merilis video yang menampilkan komparasi performa MediaTek Dimensity 9000 dengan Snapdragon 8 Gen 1 pada perangkat smartphone yang diklaim akan menggunakan chipset tersebut.
 
Sementara itu, Digital Chat Station sebelumnya menyebut bahwa chipset smartphone pertama MediaTek yang dibangun dengan Dimensity 9000 akan ditawarkan dengan harga dua kali lipat lebih tinggi jika dibandingkan dengan chipset 5G pendahulunya.
 
Hal ini artinya smartphone dengan dukungan chipset baru ini diperkirakan akan dipasarkan dengan harga lebih tinggi jika dibandingkan dengan perangkat yang didukung oleh chipset Dimensity 1200.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif