CEO AMD, Lisa Su.
CEO AMD, Lisa Su.

AMD Ryzen 6000 Mobile Meluncur di Laptop Terbaru

Cahyandaru Kuncorojati • 23 Februari 2022 15:22
Jakarta: Dipamerkan pada ajang CES 2022 bulan lalu kini AMD resmi merilis jajaran prosesor generasi terbarunya yaitu AMD Ryzen 6000 Mobile. Segmen mobile mengacu pada perangkat laptop sehingga dipastikan performa prosesor generasi terbaru AMD untuk di desktop akan menyusul belakangan.
 
AMD Ryzen 6000 hadir tetap dengan desain APU namun dirancang benar-benar baru seperti arsitektur core CPU Zen 3+, GPU terintegrasi berbasis AMD RDNA 2 hingga DDR5 dan lainnya.
AMD Ryzen 6000 Series “Rembrandt” diciptakan dengan fabrikasi 6nm produksi dari TSMC.
 
Tidak cuma menjanjikan keunggulan di performa CPU, tapi untuk pertama kalinya AMD membawa arsitektur GPU AMD RDNA 2  yang sebelumnya ada di GPU discrete menggantikan GPU Vega.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jajaran prosesor AMD Ryzen 6000 Series memiliki performa CPU dengan klaim clock speed hingga 5GHz, performa pemrosesan lebih cepat 1,3 kali dan 2,1 lebih kencang di kinerja GPU dibandingkan generasi Ryzen 5000 Series.
 
AMD Ryzen 6000 Series untuk mobile (laptop) dibagi menjadi dua kategori varian yaitu H Series yang terdiri dari HS dan HS untuk kalangan enthusiast sementara U-Series untuk laptop tipis. 
 
Di jajaran AMD Ryzen 6000 Series untuk HX dan HS series total ada delapan prosesor sementara U Series ada dua prosesor saja. Namun AMD juga merilis versi refresh dari keluarga AMD Ryzen 5000 Series untuk mengisi selisih performa di antara dua generasi.
 
AMD Ryzen 5000 versi refresh ini diberi kode “Barcelo” dengan tetap membawa arsitektur terbaru yaitu Zen3+ namun fabrikasi 7nm dan iGPU masih mengandalkan arsitektur Vega, bukan RDNA 2.
 
Di sisi daya tahan baterai, laptop dengan AMD Ryzen 6000U diklaim bisa bertahan delapan persen lebih lama saat kondisi idle, 12 persen di modern standby, dan 17 persen saat memutar video dibandingkan laptop dengan AMD Ryzen 5000U yang sama-sama memiliki TDP 15W.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif