Pengguna Snapchat dapat mengakses Lens AR Snapchat khusus Ramadan ini dengan mengetikan kata Ramadan Kareem atau Selamat Puasa pada kolom pencarian Lens AR. cara yang sama juga dapat dilakukan untuk menemukan Bitmoji khusus Ramadan.
Kehadiran Lens AR dan Bitmoji khusus Ramadan ini juga menjadi upaya Snapchat dalam menghibur pengguna yang sejak tahun 2020 lalu harus menjalani Ramadan tanpa berkumpul dengan keluarga dan rekan akibat pandemi.
Berdasarkan riset yang dilakukannya, Snapchat menyebut bahwa sebanyak 57 persen penggunanya, atau kerap disebut sebagai Snapchatter, di Indonesia mengatakan bahwa tahun ini, rencana liburan mereka berubah akibat pandemik Covid-19.
Perayaan Ramadan dan Idul Fitri Snapchatter, lanjut Snapchat, mengalami perubahan, namun keinginan mereka untuk menjunjung tradisi tetap kuat, mengingat tahun 2021 ini menandai satu tahun penuh sejak awal pandemi.
Selain itu, riset Snapchat juga menyebut bahwa tujuh dari 10 Snapchatter di Indonesia, atau sebesar 78 persen, setuju bahwa sangat penting untuk menjaga dan menghormati tradisi terkait dengan liburan mendatang.
Sebanyak 49 persen pengguna Snapchat di Indonesia, lanjut Snapchat, juga berencana memasak makanan atau resep spesial di rumah untuk merayakan momen seperti bulan suci Ramadan dan Lebaran.
Sebelumnya, Indosat Ooredoo menggandeng Snap (perusahaan pemilik Snapchat) untuk mempercepat adopsi teknologi augmented reality (AR) di Indonesia. Kedua perusahaan ini sepakat untuk meningkatkan inovasi di bidang AR.
Tidak hanya itu, keduanya juga sepakat untuk meningkatkan kreativitas dan keterlibatan pengguna IM3 Ooredoo, pengguna Snapchat, dan pemilik brand. Melalui kerjasama ini, selama setahun mendatang, Indosat dan Snapchat akan merilis program untuk menjembatani perbedaan antara dunia nyata dan maya melalui teknologi AR.
Kehadiran program ini juga ditujukan sebagai sarana untuk mempererat ikatan komunitas bisnis selama pandemik Covid-19.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News