Instagram meluncurkan fitur Live Rooms di Indonesia, memungkinkan siaran langsung hingga empat pengguna.
Instagram meluncurkan fitur Live Rooms di Indonesia, memungkinkan siaran langsung hingga empat pengguna.

Instagram Live Kini Bisa untuk 4 Orang Sekaligus

Teknologi teknologi instagram
Lufthi Anggraeni • 01 Desember 2020 17:28
Jakarta: Instagram mengumumkan peluncuran fitur Live Rooms, ditujukan untuk memberikan lebih banyak opsi bagi pengguna dan kreator untuk terhubung secara virtual dan membangun audiens. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan Instagram Live bersama tiga orang pengguna lain.
 
“Tahun ini, kami melihat penggunaan fitur Live yang luar biasa dari para pengguna di Indonesia. Kami sangat terinspirasi dengan kreativitas pengguna dalam memanfaatkan fitur tersebut untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, kerabat, maupun audiens mereka di tengah masa pandemi ini,” ujar Country Director Facebook Indonesia Peter Lydian.
 
Indonesia menjadi salah satu negara pertama yang disambangi oleh versi akhir dari fitur yang telah diuji coba di sejumlah kecil pengguna Indonesia sebelumnya. Melalui Live Rooms, Instagram berharap dapat memberikan ruang bagi pengguna untuk menghadirkan konten inspiratif melalui format lebih beragam, seperti talkshow atau podcast.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk memanfaatkan fitur Live Rooms, pengguna dapat menggeser dari halaman utama ke arah kanan, kemudian memilih Siaran Langsung atau Live, dan menekan tombol lingkaran yang tersemat di bagian tengah bawah layar untuk memulai Siaran Langsung.
 
Sedangkan untuk mengajak teman bergabung di siaran Live Rooms, pengguna perlu menekan ikon Kamera atau Rooms untuk menampilkan daftar teman yang mengirimkan permohonan untuk bergabung di siaran.
 
Pengguna juga dapat mengetik nama akun teman yang ingin ditambahkan pada siaran Live Rooms, kemudian pengguna dapat menambahkan hingga tiga teman untuk bergabung pada siaran tersebut. Penyelenggara siaran yang menggunakan perangkat iOS akan tetap dapat menggunakan fitur Q&A di Live Rooms.
 
Namun untuk saat ini, pengguna tidak dapat menampilkan foto atau video layaknya fitur Live standar yang tersedia di aplikasi Instagram. Dan pada fitur Live Rooms ini, Instagram juga menghadirkan berbagai fitur keamanan.
 
Pengguna tetap dapat menyembunyikan komentar negatif saat siaran Live Rooms berlangsung. Dan jika penyelenggara siaran memblokir pengguna tertentu, maka pengguna tersebut tidak akan dapat mengajukan permohonan untuk bergabung di Live Rooms, meski pengguna tersebut tidak diblokir oleh pengguna lainnya.
 
Selain itu, pengguna Instagram dengan riwayat pelanggaran Pedoman Komunitas Instagram sehingga tidak dapat menggunakan fitur Live, juga tidak akan dapat bergabung dalam siaran Live Rooms. Sebagai informasi, Fitur Live Rooms telah diluncurkan secara bertahap bagi pengguna di Indonesia dan India dan dalam beberapa bulan mendatang, fitur ini akan tersedia untuk seluruh pengguna Instagram di dunia.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif