Telkomsel telah melakukan berbagai persiapan menjelang lebaran.
Telkomsel telah melakukan berbagai persiapan menjelang lebaran.

Ditinggal Mudik, Trafik Jabodetabek-Jabar Masih Ramai

Teknologi telkomsel telekomunikasi mudik lebaran 2017
Ellavie Ichlasa Amalia • 27 Juni 2017 09:20
medcom.id, Jakarta: Di hari lebaran, penggunaan layanan data Telkomsel mencapai lebih dari 6 ribu terabyte, naik 136 persen jika dibandingkan dengan trafik data pada saat yang sama tahun lalu.
 
Sementara jika dibandingkan dengan hari normal, penggunaan layanan data pada lebaran mengalami kenaikan sebesar 27 persen. Menurut Telkomsel, sebanyak 36 persen pelanggannya menggunakan data untuk mengakses media sosial dan 29 persen yang lain untuk menonton video streaming
 
Kenaikan trafik ini banyak terjadi di kawasan yang menjadi daerah mudik. Di Sumatera misalnya, terjadi peningkatan penggunaan data sebesar 36 persen sementara di Jawa Bali -- yang mencakup Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur -- terjadi kenaikan sebesar lebih dari 32 persen jika dibandingkan dengan hari biasa. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun kawasan Jabodetabek merupakan kawasan yang ditinggal mudik, konsumsi layanan data tertinggi justru ada di Jabodetabek dan Jawa Barat dengan lebih dari 1.700 terabyte. Disusul oleh kawasan Jawa Bali dengan tingkat konsumsi sebesar 1.645 terabyte.
 
Tempat-tempat yang menjadi titik berkumpulnya pemudik juga mengalami peningkatan penggunaan yang signifikan. Misalnya di Bandara Soekarno Hatta, Bandara Kuala Namu, Pelabuhan Merak, Rest Area km 9 Cibubur dan Pelabuhan Ferry Kolaka. Selain itu, terjadi peningkatan trafik di kawasan wisata seperti Batu Karas, Ancol, Pantai Kuta dan Kota Bunga.
 
Meski layanan data naik, layanan voice atau suara justru turun 6 persen menjadi 1,3 miliar menit. Sementara layanan SMS cenderung stagnan di angka 740 juta SMS. 
 
"Jauh-jauh hari sebelumnya Telkomsel telah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pelanggan yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran," ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati.
 
Salah satu hal yang Telkomsel lakukan sebagai persiapan menjelang lebaran adalah menjaga kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan. Selain itu, Telkomsel menyediakan kelonggaran 35-60 persen di sepanjang jalur mudik utama di Pulau Jawa dan Sumatera, 48 persen di Jawa Tengah, 57 persen di Jawa Timur dan 58 persen di Sumatera selatan. 
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif