Pemblokir iklan pada Chrome tidak akan memblokir semua iklan dari sebuah situs. Namun, fitur itu hanya akan memblokir iklan yang dianggap mengganggu, seperti video yang otomatis dimulai dan iklan yang memakan seluruh halaman, lapor The Verge.
Sridhar Ramaswamy, eksekutif Google yang memimpin bagian iklan, menulis dalam sebuah blog bahwa bahkan iklan dari Google akan diblokir jika tidak memenuhi persyaratan untuk Chrome.
Dengan ini, Google mencoba untuk membuat "filter iklan" dan bukannya "pemblokir iklan", menurut laporan The Wall Street Journal. Fitur filter iklan ini akan bekerja pada Chrome untuk desktop dan mobile.
Google juga menyediakan sebuah tool yang membantu kreator konten untuk tahu apakah iklan yang ada pada situs mereka melanggar peraturan dan akan diblokir di Chrome. Kriteria untuk menentukan apakah sebuah iklan pantas untuk ditampilkan atau tidak ditentukan oleh sebuah grup bernama Coalition for Better Ads, yang terdiri dari Google, Facebook, News Corp dan The Washington Post.
Fitur ini pasti akan menuai kontroversi. Di satu sisi, ia memberikan banyak keuntungan, baik pada konsumen maupun kreator konten Di sisi lain, ia memberikan kuasa pada Google untuk menentukan bagaimana tampilan sebuah situs.
Keuntungan pertama dari filter iklan ini adalah dapat mengurangi penggunaan pemblokir iklan biasa. Iklan yang mengganggu membuat sebuah situs menjadi tidak enak untuk dibaca dan mendorong para pembaca untuk menggunakan pemblokir iklan, sementara banyak situs yang menggantungkan diri pada iklan.
Dengan menyediakan alat untuk filter iklan, Google dapat membatasi penggunaan pemblokiran iklan, yang akan menguntungkan semua pihak. Pembaca akan mendapatkan pengalaman menjelajah internet yang lebih baik dan konten kreator bisa terus menggunakan model iklan yang telah digunakan selama berpuluh-puluh tahun.
Sayangnya, keberadaan filter iklan ini memberikan kuasa sangat besar pada Google. Perusahaan internet tersebut akan dapat memutuskan bagaimana iklan yang boleh tampil dalam sebuah situs, meski mereka mendasarkan kriteria iklan yang baik pada Coalition for Better Ads.
Bagus jika Google memang bisa menentukan kriteria iklan untuk menguntungkan semua pihak. Namun, pada dasarnya, Google adalah perusahaan iklan. Hampi 89 persen pendapatan mereka datang dari iklan.
Pemblokir iklan untuk Chrome tidak hanya akan membantu konten kreator, tapi juga Google untuk mempertahankan dominasi mereka. Dan keberadannya akan menguntungkan divisi iklan Google sendiri. Hal ini berarti, para pemilik situs tidak memiliki banyak opsi untuk memonetisasi konten mereka.
Mengingat Chrome digunakan oleh lebih dari 50 persen pengguna internet di desktop dan mobile, mau tidak mau, kreator konten harus mengikuti peraturan dari Google.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News