Kebanyakan masyarakat mau iPhone X daripada iPhone 8. (Justin Sullivan / Getty Images / AFP)
Kebanyakan masyarakat mau iPhone X daripada iPhone 8. (Justin Sullivan / Getty Images / AFP)

Penjualan Buruk iPhone, Kabar Baik untuk Apple

Teknologi apple iphone iphone x
Ellavie Ichlasa Amalia • 19 Desember 2017 12:38
Jakarta:Saat ini, banyak analis yang yakin bahwa Apple akan masuk ke "siklus super" dengan penjualan meningkat, para pengguna ingin mengganti smartphone lamanya dengan yang paling baru dan meroketnya ketertarikan akan iPhone X.
 
Namun, penjualan tiga iPhone yang diluncurkan tahun ini justru kalah jika dibandingkan dengan penjualan iPhone 7 dan 7 Plus pada periode yang sama tahun lalu.Meskipun begitu, Forbes merasa Apple tidak khawatir dan justru sudah memperkirakan hal ini.
 
CEO Apple Tim Cook justru akan senang karena meski penjualan iPhone kuartal ini tidak naik drastis, walaupun masih cukup baik. Alasan mengapa penjualan iPhone tidak naik drastis pada Q4 2017 adalah karena stok iPhone X yang tidak memadai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebanyakan konsumen lebih memilih menunggu dan membeli iPhone X daripada membeli iPhone 8. Hal ini terbukti ketika pemesanan iPhone X dibuka, dengan cepat stok habis dan para pembeli harus menunggu hingga 6 minggu untuk mendapatkan smartphone terbaru dari Apple tersebut.
 
Kemungkinan, sejak awal, Apple memang sudah merencanakan keadaan ini. Dengan meluncurkan iPhone 8, 8 Plus dan X pada saat yang sama, Apple berkata jujur dengan para konsumennya.
 
Mereka memberitahukan bahwa iPhone 8 dan 8 Plus akan langsung tersedia di pasar, tapi iPhone X baru akan tersedia satu bulan kemudian.
 
Tidak heran jika orang-orang yang ingin mendapatkan smartphone terbaik memilih untuk menunggu untuk mendapatkan iPhone X. Meskipun suplai iPhone X memadai, hal itu tidak akan meningkatkan jumlah penjualan iPhone secara keseluruhan dalam masa menjelang Natal.
 
Apple sedang membuat rencana jangka panjang. Penjualan Q4 memang akan lebih rendah dari periode yang sama tahun lalu dan akan menciptakan kabar buruk pada bulan Januari serta membuat Apple harus menjawab pertanyaan investor pada laporan keuangan.
 
Namun, rendahnya penjualan pada Q4 bukan karena tidak ada orang yang mau membeli iPhone baru, tapi karena suplai yang memang kurang memadai. Cook bertaruh, meski penjualan pada kuartal pertama iPhone X hadir kurang memuaskan, penjualan iPhone X pada tiga kuartal berikutnya akan naik.
 
Kini, fase pertama tersebut sudah mereka lalui, Apple cukup menunggu buah dari rencana mereka.Meningkatnya suplai iPhone X mungkin tidak cukup untuk meningkatkan penjualan pada akhir 2017, tapi pada awal 2018, kemungkinan penjualan akan naik. Jika rencana Cook tepat, maka Apple akan masuk ke dalam siklus super tahun depan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif