WhatsApp mengumumkan Indonesia akan mendapatkan akses ke fitur Business Search lebih awal.
WhatsApp mengumumkan Indonesia akan mendapatkan akses ke fitur Business Search lebih awal.

Indonesia Dapat Akses Fitur WhatsApp Business Search Lebih Awal

Lufthi Anggraeni • 01 Oktober 2022 08:06
Jakarta: WhatsApp mengumumkan bahwa Indonesia akan mendapatkan akses ke fitur Business Search lebih awal dibandingkan dengan negara lain di dunia. Fitur Business Search akan memungkinkan masyarakat Indonesia mencari bisnis secara langsung via WhatsApp.
 
“Sejak meluncurkan Platform WhatsApp Business untuk bisnis berskala besar, kami telah mempercepat dan mempermudah bisnis untuk menyiapkan dan memulai, serta menanggapi pertanyaan pelanggan secara efisien,” ujar Direktur Business Messaging Meta APAC Deepesh Trivedi.
 
Trivedi menambahkan bahwa saat ini, Business Search memberikan cara yang mudah bagi orang-orang untuk menemukan bisnis berskala besar dan mendapatkan bantuan dengan cepat melalui WhatsApp.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fitur Business Search akan diluncurkan secara bertahap mulai tanggal 10 Oktober mendatang, dan akan tersedia untuk pengguna Android di Indonesia terlebih dulu. WhatsApp menyebut bahwa kehadiran Business Search akan memudahkan pengguna menemukan bisnis tertentu.
 
Pengguna hanya perlu mengetik nama bisnis di kolom Pencarian WhatsApp dan mulai percakapan. Fitur ini, jelas WhatsApp, akan memungkinkan pengguna platformnya di Indonesia untuk menemukan bisnis atau perusahaan besar yang telah menggunakan Platform WhatsApp Business guna membangun solusi kustom berskala besar.
 
Sayangnya, fitur ini tidak ditujukan untuk usaha kecil dan menengah (UMKM) yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Kehadiran fitur ini didasari studi yang menyebut bahwa di Indonesia, tujuh dari 10 orang mengatakan mereka lebih suka mengirim pesan ke bisnis daripada menelepon atau mengirim email.
 
Berbagai pelaku bisnis berskala besar di tanah air menyadari hal ini sehingga telah mengadopsi WhatsApp agar terhubung dengan para pelanggan. Salah satunya adalah BCA yang menjalankan layanan bantuan chat 24 jam melalui WhatsApp.
 
Sedangkan Indosat mengoperasikan chatbot untuk merespons berbagai kebutuhan pelanggan dan berhasil menyelesaikan hampir 92 persen kebutuhan pelanggannya via WhatsApp. Beberapa bisnis ini adalah perusahaan-perusahaan yang sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia.
 
Namun, saat ini pengguna masih harus mencari tahu nomor yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan tersebut atau mengklik tautan WhatsApp yang tersedia untuk memulai percakapan. Pelaku bisnis juga harus memberi tahu orang-orang tentang akun WhatsApp resmi mereka melalui situs web atau laman sosial. 
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif