IBD Taiwan menyelenggarakan METAEDU 21 untuk mendukung percepatan pertumbuhan teknologi pendidikan.
IBD Taiwan menyelenggarakan METAEDU 21 untuk mendukung percepatan pertumbuhan teknologi pendidikan.

METAEDU 21 Dukung Percepatan Pertumbuhan Teknologi Pendidikan

Teknologi Edutech Expo
Lufthi Anggraeni • 04 Desember 2021 11:21
Jakarta: Biro Pengembangan Industri (IBD) Taiwan, badan administratif Kementerian Hubungan Ekonomi Taiwan, berkolaborasi dengan Institute for Information Industry (III) dan Digital Education Institute (DEI) dalam penyelenggaraan METAEDU 21.
 
Sebagai informasi, METAEDU 21 adalah rangkaian acara hibrida yang berlangsung dari tanggal 1 November hingga 5 November lalu, mengusung tema percepatan pertumbuhan teknologi pendidikan (EduTech), dan diisi oleh webinar dan seminar yang disampaikan oleh praktisi berpengalaman.
 
Acara ini dihadiri oleh partisipasi aktif dari instansi pemerintah dari berbagai negara, lembaga penelitian internasional, pendidik, perusahaan modal ventura global, dan  profesional teknologi pembelajaran dari seluruh dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


METAEDU 21 mengusung tiga tema utama yaitu Difusi Inovatif, Pengembangan Bakat, dan Integrasi Ekosistem. Acara tahunan perdana ini berfokus pada percepatan ekosistem EdTech di Asia Tenggara dengan menyediakan platform terbuka dan kolaboratif.
 
Acara ini membahas sejumlah topik, termasuk laporan HolonIQ yang membahas tentang Taiwan EdTech 50 tahun 2021, laporan riset pasar tahun 2021 dan menampilkan berbagi tentang ide bisnis dan rencana pengembangan masa depan dari perusahaan pemenang penghargaan.
 
Pada ajang ini, IBD membahas Survei Industri EdTech Taiwan 2021, menyebut bahwa total nilai output EdTech di Taiwan mencapai USD16,4 milliar (Rp238,2 triliun), meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2020, dengan pertumbuhan tahunan nilai output keseluruhan sebesar 220,9 persen.
 
Pandemi juga secara khusus memicu pertumbuhan permintaan perangkat keras pengajaran, berkontribusi lebih dari 80 persen dari total nilai output, yang juga terdiri dari perangkat lunak pengajaran, produk komunikasi, video cloud, dan platform pembelajaran, dan perangkat bantu pengajaran.
 
Pertumbuhan mencolok ini tidak hanya menunjukkan ledakan EdTech yang didorong oleh pandemi, tetapi juga diklaim memperkuat posisi kunci Taiwan dalam rantai pasokan informasi dan komunikasi global di tengah pandemi. 
 
Sementara itu pada gelaran hari kedua, METAEDU 21 menghelat acara fisik pemberian penghargaan Taiwan EdTech 50 dan kompetisi live hackathon Eduathon bertajuk EdTech. IBD juga mengumumkan peresmian zona pengalaman EdTech Proof of Concept yang dibuka secara bersama oleh Indonesia, Filipina, dan Vietnam. 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif