Huawei dikabarkan akan meluncurkan sistem operasi karyanya, HongMeng, pada 9 Agustus mendatang.
Huawei dikabarkan akan meluncurkan sistem operasi karyanya, HongMeng, pada 9 Agustus mendatang.

9 Agustus, Huawei Luncurkan HongMeng OS?

Teknologi huawei
Lufthi Anggraeni • 10 Juli 2019 08:52
Jakarta: Huawei akan mengadakan konferensi pengembang global di Tiongkok pada tanggal 9 Agustus mendatang. Mereka dikabarkan akan mengumumkan sistem operasi karyanya, HongMeng, pada ajang tersebut.
 
Informasi itu disampaikan oleh situs asal Tiongkok, ifeng.com, yang disebut Gizmochina meyakini agenda peluncuran sistem operasi tersebut pada konferensi ini. Hal ini selaras dengan pernyataan Head of Consumer Business Huawei, Richard Yu, pada bulan Mei lalu.
 
Kala itu, Yu menyatakan bahwa HongMeng OS akan siap untuk diluncurkan di Tiongkok pada musim gugur tahun 2019 ini. Huawei Global Developer Conference menjadi ajang penting bagi raksasa smartphone asal Tiongkok tersebut, terutama pada tahun 2019 ini. Dikabarkan, lebih dari 1.500 mitra dan 5.000 pengembang global dikabarkan akan menghadiri acara tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, konferensi ini juga menjadi ajang untuk menarik perhatian media global yang saat ini tengah tertuju pada Huawei akibat keterkaitannya dengan perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat dan Tiongkok.
 
Konferensi ini juga dinilai menjadi cara bagi Huawei untuk membangun ekosistem aplikasi yang solid guna mencapai kesuksesan untuk HongMeng OS karyanya. Sistem operasi Huawei ini disebut tidak hanya akan tersedia di smartphone.
 
Menurut Richard Yu, selain di smartphone, sistem operasi itu juga akan tersedia di komputer, tablet, TV, mobil, dan perangkat wearable. Tidak hanya itu, sistem operasi ini akan kompatibel dengan seluruh aplikasi Android dan aplikasi web.
 
Yu juga menyebut bahwa jika aplikasi Android dikompilasi ulang, performa aplikasi diklaim akan mengalami peningkatan hingga 60 persen. Sebelumnya, Pendiri dan CEO Huawei, Ren Zhengfei, Hong Meng OS "kemungkinan" akan lebih cepat dari Android.
 
Dia menyebutkan bahwa GlobalTimes, media Tiongkok yang beroperasi di bawah pemerintah, mengaku OS buatan Huawei 60 persen lebih cepat dari Android. Namun, Zhengfei mengaku bahwa Huawei memang masih belum memiliki toko digital mumpuni layaknya Play Store milik Google atau App Store milik Apple.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif