NEWSTICKER
Ilustrasi. (Foxconn)
Ilustrasi. (Foxconn)

Imbas Virus Korona, Tiongkok Tutup Sementara Pabrik Foxconn dan Samsung

Teknologi teknologi virus korona cyber security
Cahyandaru Kuncorojati • 28 Januari 2020 13:57
Jakarta: Dampak penyebaran wabah virus Korona di Tiongkok mengancam perekomonian negara tersebut khususnya bidang teknologi. Dilaporkan bahwa pemerintah setempat mulai menutup fasilitas produksi beberapa vendor.
 
Tidak hanya demi mencegah penyebaran lebih luas, tapi secara tidak langsung isolasi beberapa kota di Tiongkok selama beberapa minggu membuat banyak fasilitas produksi tidak berjalan optimal. Dua fasilitas pabrik yang dilaporkan ditutup adalah pabrik milik Foxconn dan Samsung.
 
Fasilitas pabrik kota Suzhou, sebelah barat Shanghai dilaporkan sudah hampir seminggu menginstruksikan sekitar 1.000 pekerja untuk tidak kembali bekerja. Di kota tersebut terdapat fasilitas produksi dari Foxconn dan Samsung. Foxconn sendiri merupakan pemasok dan perakit produk Apple.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut laporan Financial Times, dampak dari virus Korona terhadap perekomian Tiongkok mulai terasa di bidang industri. Pertumbuhan industri di Tiongkok selama kasus wabah virus ini disebut memasuk fase paling lambat semala tiga dasawarsa terakhir.
 
Sejauh ini berlum ada prediksi apakah keputusan tersebut akan berdampak ke vendor Apple maupun Samsung. Apple sendiri selama beberapa bulan belakangan dikelilingi rumor kehadiran iPhone terbaru di tahun ini. Samsung juga dikabarkan bakal memperkenalkan ke publik seri Galaxy S terbaru yaitu Galaxy S20.
 
Apabila hal ini terjadi, maka dipastikan bahwa jumlah unit produk Apple dan Samsung akan terganggu atau menjadi gaib di pasar. Harga dari perangkat tersebut juga diprediksi bakal mengalami kenaikan. Kedua vendor ini juga belum memberikan respon terkait kabar tersebut.
 
Angka penjualan unit produk Apple dan Samsung juga bakal ikut menurun. Isolasi beberapa kota di Tiongkok membuat banyak masyarakat di tiap kota tersebut tidak bisa membelanjakan uang mereka. Pada akhirnya perekomian di Tiongkok mulai lumpuh dan bakal menjadi efek domino ke perekomian dunia.
 
Apple sendiri menyatakan turun tangan untuk membantu pemerintah Tiongkok menangani virus Korona. Melalui akun Twitter resmi CEO Apple, Tim Cook dia menyatakan akan memberikan donasi kepada tim lapangan yang menangani virus Korona di Tiongkok dalam jumlah yang tidak disebutkan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif