TikTok.
TikTok.

Makin Ramai, TikTok Kantongi Kerja Sama Label Musik

Teknologi media sosial tiktok
Cahyandaru Kuncorojati • 24 Januari 2020 14:50
Jakarta: TikTok masih belum akan berhenti menggeser tahta Facebook dan Instagram dari jagat media sosial. Di tengah keseriusan berbisnis di Amerika Serikat, TikTok dikabarkan baru saja menandatangani kerja sama dengan label musik.
 
TikTok dikabarkan baru saja menyepakati kerja sama dengan label musik independen bernama Merlin. Belum ada informasi resmi dari TikTok, tapi diduga kuat keduanya ingin memperkuat TikTok yang pernah dikabarkan ingin memiliki layanan streaming musik.
 
Dikutip dari The Verge, label musik Merlin menampung lisensi karya lebih dari 10 ribu rumah rekaman independen. Merlin sendiri disebut ikut menyediakan konten untuk Spotify, YouTube, dan SoundCloud. Pihak Merlin sendiri tidak memberikan deskripsi bentuk kerjasama ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemitraan dengan TikTok sangat berarti bagi kami. Kita akan melihat generasi baru dari layanan musi dan era dari cara menikmati musik yang baru," tutur CEO Merlin, Jeremy Sirota.
 
"Anggota dari label Merlin juga banyak yang mulai menggunakan TikTok sebagai cara pemasaran dan kerjasama hari ini juga membantu musisi untuk menciptakan sumber pendapatan baru," lanjutnya.
 
Dikutip dari sumber berbeda, Tech Crunch, musik yang tersedia di layanan TikTok tidak akan disediakan untuk layanan streaming musk tapi juga bisa digunakan di dalam konten TikTok. Kabarnya TikTok juga sedang dalam diskusi dengan platform streaming musik lain bernama Resso.
 
Di Inggris, ByteDance yang merupakan induk perusahaan TikTok juga sudah mengakuisisi startup musik berbasis AI atau kecerdasan buatan bernama Jukedeck. Startup ini menawarkan kemampuan AI untuk membaca sebuah video dan menyesuai musik yang pas untuk setiap adegan di dalamnya.
 
Di bulan November lalu, ByteDance dilaporkan sudah berkomunikasi dengan Universal Music, Sony Music, dan Warner Music soal lisensi penggunaan karya musisi mereka untuk tersedia di TikTok.
 
Langkah ini diduga sebagai implementasi dari investasi yang baru saja diterima oleh perusahaan besar asal Jepang, SoftBank, dengan nilai sebesar USD75 miliar tahun lalu.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif