Konferensi pers Tri dalam menyambut Ramadan dan Lebaran 2019 di Jakarta
Konferensi pers Tri dalam menyambut Ramadan dan Lebaran 2019 di Jakarta

Kesiapan Tri Hadapi Lonjakan Trafik Ramadan dan Lebaran 2019

Teknologi telekomunikasi tri Ramadan 2019
Mohammad Mamduh • 08 Mei 2019 10:13
Jakarta: Operator telekomunikasi Tri Hutchinson Indonesia telah mengambil beberapa langkah dalam menyambut bulan Ramadan dan Lebaran 2019.
 
Sama seperti operator lainnya, beberapa langkah yang diambil adalah untuk memfasilitasi para pengguna dalam jumlah besar yang akan bergerak ke luar Jakarta. Dalam konteks ini, pelanggan pulang ke kampung halaman masing-masing dalam rangka momen Lebaran.
 
“Kita lakukan optimasi jaringan pada saat mudik. Tambah coverage dan kapasitas menggunakan mobile BTS,” kata VP of Network Strategic Planning & Customer Experience Management Tri Indonesia, Gustiansyah Wilson dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, 7 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga menyebut ada sekitar 30 mobile BTS yang digunakan untuk menyediakan jaringan sepanjang tol Merak sampai Sidoarjo.
 
Meski terlihat sedikit, pihak Tri menyebut mobile BTS sebagai perangkat pendukung, karena secara jaringan, Tri sudah hadir lebih dulu di sepanjang jalur mudik ini.
 
Selain itu, Tri juga menerapkan strategi pemindahan kapasitas ke 19 kota. Ini untuk memenuhi kebutuhan data pengguna saat mereka mulai pulang kampung.
 
“Target kami menambah 8.000 BTS 4G dan 4,5G sepanjang 2019. Saat ini sudah siap sekitar 50 persen sampai akhir bulan Mei. Sebagian besar terkonsentrasi di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi,” lanjutnya.
 
Ia juga mengklaim Tri akan mengoptimalkan kapasitas jaringan di 62 titik point of interest, atau tempat publik yang akan ramai dikunjungi selama bulan Ramadan dan Lebaran 2019.
 
Untuk kampanye Ramadan, Tri mengungkap menggelar beberapa program yang memanfaatkan aplikasi Bima+.
 
Program ini berupa donasi pulsa atau paket data sesama pelanggan, termasuk juga donasi langsung menggunakan pulsa ke lembaga non-profit. Program transfer pulsa dan paket data disebut KiKiPu dan KiKiDa.
 
Melihat dari aspek penggunaan paket data, Tri mengaku aka nada lonjakan trafik saat H-3 menjelang lebaran. Konsumsi data biasanya untuk aplikasi pengirim pesan seperti WhatsApp, Instagram, YouTube, dan bermain game.
 
“Trafik data akan naik 30 persen,” kata Chief Commercial Officer Tri Indonesia Dolly Susanto. “Untuk game, terjadi penurunan pada Mobile Legends: Bang Bang. Yang sedang populer saat ini adalah PUBG.”
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif