Epic Games siapkan dana untuk para developer. (Justin Sullivan / Getty Images / AFP)
Epic Games siapkan dana untuk para developer. (Justin Sullivan / Getty Images / AFP)

Epic Siapkan Rp1,4 Triliun untuk Developer Game

Teknologi games
Ellavie Ichlasa Amalia • 21 Maret 2019 10:28
Jakarta:Sebagai kreator dari Unreal Engine dan Fortnite, Epic Games adalah salah satu perusahaan dengan keuntungan terbesar di industri game. Mereka begitu sukses sehingga mereka akan memberikan USD100 juta (Rp1,4 triliun) untuk membantu developer lain membuat game.
 
Program yang dinamai Epic MegaGrants ini tidak hanya akan membagikan dana USD100 juta untuk developer game, tapi juga konten kreator, serta murid, guru, dan developer tool. Masing-masing orang bisa mendapatkan dana mulai dari USD5.000 (Rp70,6 juta) sampai USD500 ribu (Rp7,1 miliar).
 
Menariknya, Epic tidak akan memaksa sang developer untuk menerbitkan game mereka melalui Epic atau menjadikan karya sang penerima dana sebagai properti intelektual milik Epic.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di Epic kita sukses ketika developer sukses," kata CEO Tim Sweeney dalam sebuah pernyataan resmi, seperti yang dikutip dari Digital Trends.
 
"Dengan Epic MegaGrants, kami menanamkan investasi untuk mengembangkan komunitas Unreal Engine dan kami juga berkomitmen untuk membuka akses semua orang akan konten, tool, dan pengetahuan."
 
Bagi developer yang ingin mendapatkan dana ini, mereka harus membuat game dengan Unreal Engine 4. Selain itu, mereka juga bisa membuat ulang game yang telah mereka buat dengan Unreal Engine 4.
 
Epic juga mencari orang atau pihak yang membuat film dengan Unreal Engine, serta orang-orang yang menggunakan engine itu untuk membuat desain produk, iklan, atau media hiburan lainnya.
 
Epic juga akan memberikan dana pada orang-orang yang ingin melakukan porting dari berbagai tool ke Unreal Engine atau "peningkatan pada proyek open-source terkait grafik 3D yang telah ada."
 
Persyaratan terakhir berarti, orang yang bisa mendapatkan dana ini tidak perlu menggunakan Unreal Engine pada proyeknya, selama proyek itu melibatkan grafik 3D.
 
Epic menyebutkan, mereka akan menilai proposal yang mereka dapatkan berdasarkan kualitas dan keunikannya serta apa yang ditawarkan oleh proyek itu dalam industri 3D.
 
Program ini terbuka untuk developer global. Dan jika proyek Anda yang telah diterima mengalami perubahan, Anda bisa kembali menawarkan proposal program itu.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif