Pengguna platform Wear OS mengaku tidak dapat memanfaatkan Google Maps di smartwatch mereka.
Pengguna platform Wear OS mengaku tidak dapat memanfaatkan Google Maps di smartwatch mereka.

Google Maps Tidak Berfungsi di Sejumlah Perangkat Wear OS

Teknologi google
Lufthi Anggraeni • 27 April 2019 11:30
Jakarta: Google secara perlahan memperbaiki platform Wear OS dalam beberapa bulan terakhir. Namun sebuah permasalahan dilaporkan sejumlah pengguna platform ini selama beberapa minggu terakhir dialami salah satu fitur paling bermanfaat di smartwatch Google.
 
GSM Arena menyebut sejumlah pengguna mengeluhkan tidak dapat memanfaatkan Google Maps pada smartwatch Wear OS mereka. Pengguna hanya disambut oleh layar polos berwarna putih dengan antarmuka Google Maps yang masih terlihat.
 
Google Maps dilaporkan tidak mengalami permasalahan pada Huawei Watch 2. Namun menurut laporan, smartwatch seperti TicWatch Pro, TicWatch S2, Fossil Q Explorist HR, Skagen Falster 2, Tag Heuer serta Misfit memiliki permasalahan ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga saat ini, masih belum diketahui penyebab bug tersebut, namun pengguna mengaku mencoba memperbaiki permasalahan tersebut dengan membersihkan data aplikasi serta mencopot dan memasang kembali aplikasi tersebut.
 
Pada Jumat lalu, A Mobovi Forums Admin menyebut bahwa permasalahan ini didapati pada versi terbaru Google Maps. Faktor yang bermasalah diperkirakan terdapat pada Google Maps v10.13.3, dan sejumlah pengguna mengaku berhasil memanfaatkan aplikasi ini setelah kembali ke versi sebelumnya.
 
Untuk melakukan hal tersebut, pengguna perlu mencopot update aplikasi Google Maps dan versi tambahan dari 10.12.1 dari APK Mirror. Pada tanggal 13 April lalu, ahli produk Wear OS telah menyampaikan permasalahan ini kepada Google, namun tidak tersedia update terkait masalah ini sejak saat itu.
 
Sebelumnya, Google Maps telah menawarkan fitur berupa laporan lalu lintas pada aplikasinya, untuk membantu pengguna menghindari kemacetan saat dalam perjalanan. Kemudian, Google menghadirkan fitur baru untuk kenyamanan pengguna transportasi umum kereta.
 
Fitur yang digulirkan Google ini memungkinkan Maps menanyakan kepadatan bagian dalam kereta yang ditumpangi pengguna melalui sistem notifikasi pop-up. Fitur ini baru ditemukan pada aplikasi versi platform Android, sedangkan pengguna aplikasi versi iOS telah mendapati pemberitahuan ini selama beberapa bulan terakhir.
 
Sementara itu, fitur berupa laporan lalu lintas pada aplikasinya, untuk membantu pengguna menghindari kemacetan saat dalam perjalanan ini merupakan fitur Waze yang diintegrasikan pada aplikasi Maps, setelah Google mengakuisisi Waze pada tahun 2013 lalu.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif