Microsoft Gunakan Prosesor Pentium untuk Surface Terjangkau?

Ellavie Ichlasa Amalia 05 Juli 2018 14:38 WIB
microsoft
Microsoft Gunakan Prosesor Pentium untuk Surface Terjangkau?
Ilustrasi: Techspot
Jakarta: Tablet Surface dengan harga lebih terjangkau yang dirumorkan akan dirilis oleh Microsoft akan menggunakan prosesor Pentium dari Intel.

Kabar bahwa Microsoft akan merilis tablet Surface dengan harga lebih terjangkau untuk bersaing dengan iPad telah muncul sejak bulan Mei lali. 

Menurut dokumen yang diserahkan pada Komisi Komunikasi Federal (FCC), tablet Surface ini akan memiliki layar 10 inci. Sebagai perbandingan, Surface Pro yang ada saat ini memiliki layar 12 inci. Tablet ini disebutkan akan memiliki bobot 20 persen lebih ringan dengan harga USD400. 


Namun, hingga saat ini, tidak banyak informasi yang ada tentang tablet tersebut. Menurut narasumber WinFuture, tablet ini akan menggunakan prosesor yang tidak secanggih prosesor Core i5 dan i7 yang digunakan pada Surface Pro. 

Sebagai gantinya, Microsoft akan memasang Pentium Silver N5000 untuk tablet Surface dengan ukuran yang lebih kecil. Sementara untuk model yang lebih mahal, Microsoft akan menggunakan Intel Pentium Gold 4410Y atau Intel Pentium Gold 4415Y. 

Saat ini, Microsoft belum mengumumkan secara resmi bahwa mereka sedang mengembangkan tablet Surface. Namun, adanya dokumen di FCC merupakan indikasi kuat bahwa perangkat tersebut telah diuji dan siap untuk diluncurkan dalam waktu dekat.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.