Kominfo secara resmi mengumumkan nilai TKDN baru menjadi 35 persen.
Kominfo secara resmi mengumumkan nilai TKDN baru menjadi 35 persen.

Pemerintah Tetapkan Nilai TKDN Kini 35%

Teknologi Kominfo
Lufthi Anggraeni • 21 Oktober 2021 19:35
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan peningkatan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk perangkat dengan dukungan jaringan 4G dan 5G, menjadi 35 persen.
 
Peningkatan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Kominfo No.13 tahun 2021 tentang standar teknis alat komunikasi dan atau perangkat telekomunikasi bergerak seluler, berbasis LTE dan standar teknologi International Mobile Telecommunication 2020.
 
“Peraturan ini mengatur tentang kewajiban memenuhi TKDN sebesar 35 persen untuk perangkat 4G dan 5G yang akan beredar dan digunakan di Indonesia,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan demikian, nilai TKDN perangkat berjaringan 4G dan 5G secara resmi meningkat dari 30 persen menjadi 35 persen. Kenaikan ini ditujukan pemerintah untuk memastikan dorongan dan dukungan konkret bagi produksi dalam negeri.
 
Dengan demikian, lanjut Johnny, pemerintah berharap industri dalam negeri dapat lebih terlibat dalam pengembangan dan pembangunan infrastruktur telekomunikasi berbasis teknologi jaringan 4G dan 5G.
 
Selain itu, Johnny juga mengaku bahwa saat mempertimbangkan dan memutuskan nilai TKDN baru ini, pihaknya mendapatkan masukan tidak hanya dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin), tapi juga dari vendor perangkat.
 
Ketentuan nilai TKDN baru sebesar 35 persen ini akan diberlakukan enam bulan sejak peraturan menteri secara resmi ditetapkan. Karenanya, pemerintah mengimbau vendor perangkat telekomunikasi untuk memenuhi nilai yang menjadi salah satu syarat edar produk di pasar Indonesia ini.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif