Intel umumkan jajaran prosesor generasi ke-12 di Indonesia
Intel umumkan jajaran prosesor generasi ke-12 di Indonesia

Prosesor Intel Generasi ke-12 ke Indonesia, Kombinasi Efisiensi dan Performa

Mohammad Mamduh • 25 Mei 2022 12:27
Jakarta: Intel resmi memperkenalkan jajaran prosesor generasi ke-12 di Indonesia secara luring di jakarta. melanjutkan generasi sebelumnya, jajaran prosesor ini menghadirkan berbagai peningkatan dari aspek performa dan efisiensi daya, serta tersedia untuk PC dan laptop. 
 
Serupa dengan versi desktop, prosesor mobile hadir dengan arsitektur hybrid kombinasi P-cores dan E-cores. P-cores mengacu pada performance, dan E-cores menenkankan pada efisiensi penggunaan.
 
Apabila di prosesor Intel Generasi ke-11 hadir dengan spesifikasi 4-core/8-threads di varian tertinggi, kini di Intel Generasi ke-12 prosesor mobile ini menyajikan 14-core/20-threads. Di integrated GPU sudah menggunakan Intel Iris Xe. 
 
Fitur lain yang tidak ketinggalan ada dukungan DDR5 atau LPDDR5 serta Thunderbolt 4 untuk transfer data dan menyajikan performa semakin kencang. Laptop dengan prosesor ini juga dipastikan mendukung Intel WiFi 6E.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada generasi ke-12 ini juga pertama kalinya ada varian HX. Ia dirancang khusus buat platform workstation, untuk beberapa pekerja di industri spesifik seperti engineer, scientis, tentunya dan enthusias. Beberapa karakteristik yang ditawarkan adalah kecepatan single core mencapai 5GHz. Seri Intel Core i9-12900HX memiliki arsitektur 16 core, dukungan DDR4 3200 dan ddr4800. Tak lupa dengan dukungan PCIe Gen 5. 
 
"Performa secara keseluruhan meningkat 17 persen buat single thread dibandingkan Core i9-12900HK, dan 64 persen buat multi thread diadu dengan prosesor yang sama," ungkap Moushumi Mazumdar, Asia Pacific & Japan Consumer Segment Director.
 
Selain itu, Intel juga mengumumkan P series, rumpun prosesor terbaru yang diproyeksikan menjadi "masa depan" laptop tipis dan ringan. Intel Core P Series mengedepankan efisiensi dari P-Cores dan E-Cores tetapi tetap menghadirkan performa terbaik dalam menjalankan berbagai aktivitas. P Series juga mengunggulkan dimensi laptop tipis dan ringan yang masuk dalam standar Intel Evo. 
 
Intel juga memamerkan jajaran laptop yang sudah mengadopsi prosesor ini. Menggandeng sejumlah produsen PC ternama, beberapa seri yang sudah menggunakan Intel Generasi ke-12 ini tak hanya untuk segmen consumer, tetapi juga segmen gaming.
 
Contohnya Asus ROG Scar 15/17 atau Zephyrus, MSI Stealth GS66, Lenovo Yoga Slim 7i Pro, hingga Acer Predator Helios 300. Beberapa laptop ini sudah diumumkan di Indonesia, dengan tanggal ketersediaan mengacu pada vendor masing-masing.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif