Ilustrasi.
Ilustrasi.

Migrasi Siaran Televisi Anlalog ke Digital di 8 Wilayah Digelar

Teknologi Kominfo telekomunikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 01 Mei 2022 19:58
Jakarta: Kemarin akhirnya proses Analog Switch Off (ASO) atau migrasi dari siaran televisi analog ke digital tahap 1 yang berlangsung di delapan wilayah Indonesia diklaim Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berjalan mulus.
 
Klaim tersebut disampaikan dalam sesi khusus yang dilakukan pihak Kemkominfo dengan media hari ini, Minggu, 1 Mei 2022. Delapan wilyah ini meliputi Kabuptaen Bengkalis, Kepulauan Meranti, Kota Dumai, Timor Tengah Utara, Belu, Malaka, Sorong, dan Kota Sorong.
 
“Kalau dari masyarakat, testimoni di lapangan mereka merasa beruntung dan senang, karena dulunya siaran TV analog cuma ada TVRI lokal. Siaran TV digital membuat tayangan bertambah dari program siarannya,” ungkap Direktur Penyiaran Kemkominfo Geryantikan Kurnia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jadi di wilayah tersebut bisa mendapatkan siaran TVRI nasional, bukan hanya lokal yang durasi siaran hanya empat jam setiap hari. Sejumlah wilayah juga mendapatkan siaran TV digital dari lembaga penyiaran swasta yang sudah menyediakannya.
 
“Masyarakat di delapan wilayah ini banyak yang mengapresiasi, sekarang ada tambahan program yang gratis karena selama ini kalau mau harus berbayar dan memiliki parabola,” jelasnya.
 
Diketahui bahwa proses ASO tidak mengharuskan masyarakat membeli televisi baru seperti smart TV. Mereka masih bisa menggunakan televisi model lama yang hanya terhubung dengan perangkat tambahan yaitu alat set-top-box (STB), kabarnya Kemkominfo juga menyediakan alat ini secara gratis dengan syarat tertentu dan bakal mengajak pihak stasiun televisi.
 
Hal ini disampaikan oleh Menkominfo Johnny G. Plate dalam sesi tersebut. Dia mengimbau dan mengajak seluruh lembaga penyiaran swasta, lokal, dan TV komunitas untuk mendukung momen ini lewat kolaborasi.
 
Hal itu untuk memastikan siaran-siaran mereka dapat melayani masyarakat dengan lebih baik, lewat ini masyarakat bisa menikmati lebih dari 600 kanal secara digital,” ucapnya menambahkan sesi konferensi daring tersebut.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif