Logo Instagram.
Logo Instagram.

Instagram Pastikan Informasi Valid Terkait COVID-19

Teknologi media sosial teknologi Virus Korona instagram
Cahyandaru Kuncorojati • 25 Maret 2020 16:10
Jakarta: Instagram masuk dalam daftar media sosial yang ikut mendukung penyedia konten dan informasi terkait virus Korona atau Covid-19 yang kredibel. Langkah ini dilakukan dengan mengumumkan fitur dan sistem baru di layanannya.
 
Pihak Instagram membeberkan beberapa langkah yang mereka lakukan di update. Pertama adalah menyediakan akses informasi yang akurat.
 
Instagram kini menyediakan hasil pencarian terakit Covid-19 yang akan memprioritaskan akun atau informasi serta konten dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan lembaga kesehatan terkait di tiap negara. Media sosial ini berinisiatif membuat notifikasi di bagian feed.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Notifikasi ini berisi panduan bagi pengguna untuk mencari informasi terkini yang akurat, misalnya melalui tagar khusus. Langkah kedua adalah menindak tegas akun serta konten atau informasi tidak benar terkait wabah ini di Instagram.
 
Dalam hal ini, Instagram sudah menggandeng pihak ketiga yang bertugas sebagai pengecek fakta dari seluruh konten yang dibagian di layanan mereka. Apabila ditemukan maka akan langsung dihapus oleh tim Instagram.
 
Instagram juga mencegah terjadi misinformasi dengan menghentikan iklan dan konten sponsor yang mempromosikan perlengkapan medis tertentu. Instagram juga menghapus filter AR yang berkaitan dengan Covid-19.
 
Tidak hanya itu, Instagram meluncurkan fitur Co-watching yang memungkinkan pengguna melihat unggahan Instagram secara bersama-sama dengan teman-teman mereka melalui obrolan video (video chat).
 
Pengguna dapat memulai obrolan video dengan mengetuk ikon recorder pada bagian kotak masuk di Direct atau pada utas percakapan Direct mereka.
 
Setelah itu, pengguna dapat bersama-sama melihat postingan yang disimpan, disukai, dan disarankan dengan mengetuk ikon foto yang terletak di bagian kiri bawah layar pada obrolan video yang tengah berlangsung. Satu lagi, Instagram juga merilis stiker "D Rumah Aja" sebagai dukungan kampanye physical distancing.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif