Ilustrasi.
Ilustrasi.

Gratiskan Layanan, Google Meet Siap Lawan Zoom

Teknologi teknologi google aplikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 30 April 2020 10:03
Jakarta: Google sejak lama sudah memiliki aplikasi bernama Google Meet yang punya layanan video conference sama seperti Zoom. Perbedaannya, layanan ini harus berbayar sebagai bagian paket layanan G Suite untuk pegawai perusahaan.
 
Kini dilaporkan bahwa Google sudah menyediakan Google Meet untuk digunakan gratis. Artinya, Google akan bersaing langsung dengan Zoom yang menyediakan pemakaian gratis untuk setiap durasi 40 menit.
 
Dulu Google Meet hanya bisa digunakan untuk menggelar meeting oleh pengguna berbayar. Pengguna Google Meet versi gratis hanya bisa menjadi pratisipan, bukan host atau yang menggelar sesi konferensi video. Selain gratis, apa yang diberikan oleh Google Meet dari update terbaru ini?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Google Hibur Masyarakat di Rumah via Doodle
 
Dikutip dari Tech Crunch, Google akan membuat layanan Google Meet gratis hingga bulan September dan dimulai sejak minggu depan. Kemudian dari hanya 30 partisipan, kini Anda bisa menggunakannya untuk menggelar konferensi video dengan 100 orang partisipan.
 
Google Meet juga akan bisa mendukung durasi tidak terbatas. Namun, setelah bulan September, durasi video conference untuk pengguna gratis akan kembali dibatasi menjadi hanya 60 menit untuk setiap sesi.
 
Pengguna hanya membutuhkan akun Google yang terpasnag di Android untuk bisa menggunakan Google Meet, jadi tidak perlu mendaftar lagi. Meskipun begitu, Anda tetap harus mengunduh aplikasi Google Meet. Berbeda dari Zoom yang bisa diakses hanya lewat browser atau peramban internet alias tanpa aplikasi.
 
Baca: Samsung dan Google Sediakan Perbaikan Ponsel Gratis Bagi Tenaga Medis
 
Google sendiri secara eksplisit menyatakan bahwa langkah tersebut tidak sulit bagi pengguna ditambah di sisi perlindungan keamanan data dan privasi Google Meet masih lebih baik dibandingkan Zoom.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif