“Orang Indonesia lebih memilih YouTube karena mereka dapat mengakses konten dalam berbagai format. Mereka bisa mulai dengan menonton video pendek, lalu melanjutkan menonton video panjang, mulai dari yang durasinya 10 detik atau 1 jam mengenai topik yang sama, atau topik-topik yang lain,” ucap Gaurav Kapoor, Managing Director, Product Specialist Team, Southeast Asia, di Google.
“Singkatnya, YouTube is engaging for fans, effective for brands.” Para pembicara dalam acara tahunan ini juga menyampaikan sejumlah kabar YouTube terbaru untuk Indonesia:
1. Per Desember 2023, ada lebih dari 25 ribu channel yang mendapatkan lebih dari 100 ribu subscriber, dan ada lebih dari 2.000 channel yang mendapatkan lebih dari 1 juta subscriber.
2. Total jam konten yang diupload ke YouTube oleh channel-channel di Indonesia tumbuh lebih dari 85 persen dalam periode satu tahun (Juni 2024 vs. Juni 2023)
3. 77 persen pengguna memilih YouTube ketika mereka ingin mengeksplorasi suatu topik lebih dalam, berdasarkan hasil survei Kantar pada bulan Juni, 2024.
4. Dalam survei Kantar tersebut pula didapati bahwa 67 persen responden percaya dengan brand yang disebut oleh kreator favorit mereka.
“Makin banyak penggemar yang menonton kreator favoritnya tidak hanya dari smartphone dan laptop, tetapi juga ingin dari layar TV di rumah,” ucap Muriel Makarim, Country Marketing Manager, Google Indonesia.
“Jumlah penayangan di Smart TV juga naik empat kali lipat dalam tiga tahun terakhir, dan kami sangat bangga karena YouTube mampu berkembang di ranah ini, sehingga dapat memberikan peluang lebih besar kepada brand untuk menarik audiens baru.”
Program Partnership Ads
Muriel juga mengumumkan program Partnership Ads yang didukung oleh BrandConnect yang kini telah hadir di Indonesia, satu-satunya negara di Asia Tenggara yang menyediakan solusi konten bersponsor ini.
“Di YouTube, brand punya kebebasan dan fleksibilitas untuk menggunakan format mana pun yang cocok untuk mereka. Itulah sebabnya kami membukakan lebih banyak jalan bagi brand dan kreator agar dapat saling terhubung dengan audiens yang sangat antusias,” ucap Muriel.
“Dengan program Partnership Ads ini, brand dapat menggunakan video yang dibuat oleh kreator dan mempromosikannya sebagai iklan di platform layanan mandiri kami yang baru ini.”
Para pemenang YouTube Works Awards 2024 Indonesia, bekerja sama dengan Kantar, adalah:
Best of Indonesia
BCA: Don’t know? Kasih no
Best of Google AI
Grab: Grab Transport Sobat Hemat
Brands & Creators
Garena Free Fire ID: Mabar Tau Waktu
Masters of Media
Grab: Grab Unlimited: Unlimited Shock!
Best of Festive
Mandiri: Livin’ by Mandiri Festive Campaign
The Big Bang
BCA: Don’t know? Kasih No
The Long & Short
Mandiri: Livin’ by Mandiri Festive Campaign
Force for Good
BCA: Don’t know? Kasih No
Best Brand Story
BCA: Don’t know? Kasih No
“Kiriman-kiriman video tahun ini - yang berfokus pada keberagaman, inklusivitas, dan kreativitas - membahas isu-isu sosial dan budaya dari sudut pandang lokal. Kategori penghargaannya menarik dan mendorong kami, sebagai juri, untuk menggunakan berbagai perspektif dan metrik sebagai sarana evaluasi,” ucap Kartika Guerrero, Senior Vice President, Digital Distribution & Partnerships, Indosat Ooredoo Hutchison yang menjadi Ketua Juri tahun ini.
“YouTube Works Awards merupakan tolok ukur penting dalam industri periklanan. Penghargaan ini mengapresiasi dan merayakan strategi-strategi iklan yang kreatif, efektif, dan berbasis data yang memanfaatkan YouTube untuk mendorong hasil bisnis yang signifikan.”
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News