Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, Sultan Sepuh XIV Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, Menkominfo Rudiantara, serta CEO PATA Chapter Indonesia Poernama Siswoprasetjo (Foto:Dok.Telkom)
Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, Sultan Sepuh XIV Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, Menkominfo Rudiantara, serta CEO PATA Chapter Indonesia Poernama Siswoprasetjo (Foto:Dok.Telkom)

Telkom Solution Dukung Digitalisasi Ekosistem Bisnis Sektor Pariwisata

M Studio • 18 Mei 2016 16:23
medcom.id, Jakarta: PT Telkom Indonesia (Persero)Tbk (Telkom) melalui Divisi Enteprise Service yang khusus mengelola enterprise customer, menguatkan komitmen mendukung kemajuan bangsa. Dukungan tersebut diwujudkan melalui digitalisasi ekosistem bisnis sektor pariwisata.
 
Selama 16 tahun Telkom Solution turut berkontribusi membangun negeri di sektor pariwisata dengan memberikan layanan solusi total Information and Communication Technology (ICT) melalui Divisi Enterprise Service.
 
"Saat ini, sektor pariwisata diharapkan dapat menjadi pilar pembangunan ekonomi bangsa yang menyumbang 8 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Telkom akan berusaha memberikan kontribusi melalui dukungan ICT untuk mewujudkan hal tersebut," ujar Direktur Enterprise & Business Services Telkom Muhammad Awaluddin.

Salah satu kelemahan sektor pariwisata Indonesia adalah Infrastruktur Information & Communication Technology (ICT) yang masih rendah.
 
"Oleh karena itu, sumbangsih Telkom Solution diharapkan dapat meningkatkan daya saing sektor pariwisata Indonesia di level global," kata Awaluddin.
 
Telkom Solution memiliki cita-cita menjadikan Indonesia sebagai Digital Tourism Kingdom melalui penyediaan solusi digital ekosistem yang terintegrasi, layanan big data analytic, digital marketing, dan penyediaan ICT solution yang sesuai dengan value chain industri pariwisata.
 

Telkom Solution Dukung Digitalisasi Ekosistem Bisnis Sektor Pariwisata
Menkominfo Rudiantara mencoba layanan e-ticketing di Keraton Kasepuhan Cirebon (Foto:Dok.Telkom)
 

Sumbangsih digitalisasi industri yang telah dilakukan Telkom Solution antara lain memberikan layanan digitalisasi sistem ticketing di destinasi wisata, seperti di Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, dan Keraton Kasepuhan Cirebon.
 
Seluruh layanan tersebut merupakan persembahan dari Telkom Solution untuk dunia pariwisata Indonesia agar berkembang menjadi destinasi wisata kelas dunia.
 
Selain itu Telkom Solution juga mendukung layanan digitalisasi hotel yang telah diadopsi oleh beberapa hotel, seperti Accor dan Intiwhiz Internasional.  
 
Hal ini dilengkapi pula dengan menghadirkan kemudahan layanan delivery dan digitalisasi bisnis proses pelayanan di jaringan kafe dan restoran, seperti KFC, Mc Donalds, Pizza Hut, dan Mitra Adi Perkasa Food & Beverage (Starbucks, Burger King, Domino Pizza, Krispy Kreme).
 
"Telkom Solution sebagai layanan total solusi ICT Divisi Enterprise Service berharap dapat lebih fokus  dalam memenuhi kebutuhan enterprise customer berdasarkan sektor industri sebagai kontribusi dalam pembangunan ekonomi Indonesia," tutur Awaluddin.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ROS)




BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan