Senior Vice President Tibco Software Inc EMEA dan APJ Erich Gerber.
Senior Vice President Tibco Software Inc EMEA dan APJ Erich Gerber.

Kerja Sama Tibco dan Microsoft untuk Selesaikan Pemetaan Daring

Teknologi teknologi microsoft transformasi digital tibco
Lufthi Anggraeni • 13 Januari 2020 16:12
Jakarta: Tibco mengumumkan kerja sama baru dengan Microsoft, memungkinkan seluruh kemampuan Tibco Cloud Integration telah tersedia di Microsoft Azure. Kehadiran kemampuan ini diklaim akan memberikan fleksibilitas dan opsi penempatan di aplikasi, layanan dan lanskap TI Microsoft.
 
“Melalui kolaborasi ini, Tibco dan Microsoft bertujuan membantu menyelesaikan pemetaan secara daring di area terisolir,” ujar Senior Vice President Tibco Software Inc EMEA dan APJ Erich Gerber.
 
Dari tujuan ini, Tibco dan Microsoft bergabung dalam inisiatif Missing Maps yang didirikan oleh Doctors Without Borders, Palang Merah Amerika dan Inggris, serta OpenStreetMap. Inisiatif ini ditujukan untuk membantu menutup kesenjangan data.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sehingga lokasi yang hilang pada peta dapat teridentifikasi. Kerja sama Tibco dan Microsoft dalam Missing Maps ini juga mencakup pemetaan online di wilayah yang rentan, termasuk Indonesia dan Kongo.
 
Kolaborasi ini juga bertujuan untuk memetakan tempat paling rentan di negara berkembang, agar LSM dan organisasi bantuan kemanusiaan dapat menggunakan peta dan data untuk merespon lebih baik terhadap krisis yang mempengaruhi daerah tersebut.
 
Tibco dan Microsoft mendukung inisiatif ini melalui sejumlah langkah, seperti menugaskan relawan jarak jauh untuk melacak citra satelit ke OpenStreetMap. Kemudian, relawan komunitas menambahkan informasi detail bersifat lokal seperti bentuk lingkungan, nama jalan, dan pusat evakuasi.
 
Selain itu, organisasi kemanusiaan dapat memanfaatkan informasi yang dipetakan ini untuk merencanakan pengurangan risiko dan kegiatan tanggap bencana, dengan tujuan untuk menyelamatkan nyawa.
 
Sejak tahun 2014, Tibco dan Microsoft mengumumkan sebanyak 94.978 kontributor yang telah berkontribusi pada inisiatif Missing Maps, dan lebih dari 52 juta total suntingan dan satu juta kilometer jalan telah ditemukan.
 
Dengan kolaborasi ini, baik Tibco maupun Microsoft berharap dapat bertindak dengan lebih cepat saat terjadi bencana, dan organisasi kemanusiaan dapat mengevakuasi korban secara lebih cepat dan akurat berkat ketersediaan informasi menyoal peta.
 
Gerber juga mengklaim bahwa karyawan dari Microsoft dan TIBCO datang bersama-sama untuk memetakan area di Indonesia yang akan memungkinkan pengiriman vaksin yang dapat menyelamatkan jiwa dan membantu organisasi pertama untuk menavigasi wilayah jika terjadi bencana alam.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif