Clubhouse dilaporkan mengalami penurunan jumlah unduhan secara signifikan.
Clubhouse dilaporkan mengalami penurunan jumlah unduhan secara signifikan.

Jumlah Unduhan Clubhouse Turun Signifikan

Teknologi teknologi
Lufthi Anggraeni • 05 Mei 2021 12:47
Jakarta: Clubhouse menjadi salah satu aplikasi yang mengalami peningkatan popularitas signifikan pada awal tahun 2021 ini. Selama periode tersebut, Clubhouse diunduh sebanyak 9,6 juta unduhan di App Store pada Februari 2021 lalu.
 
Namun, laporan penelitian terbaru Sensor Tower mengungkap bahwa jumlah unduhan Clubhouse mengalami penurunan secara signifikan pada bulan April 2021 lalu, menjadi sebanyak 922 ribu unduhan.
 
Angka tersebut mewakili penurunan sebesar 66 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya, yaitu bulan Maret, sebesar 2,7 juta unduhan. Mengutip 9to5Mac, laporan Sensor Tower ini juga menjelaskan bahwa retensi pengguna Clubhouse masih kuat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal tersebut artinya aplikasi ini belum dihapus dari perangkat sebagian besar pengguna yang mengunduhnya. Namun, penurunan signifikan dalam jumlah unduhan ini dilaporkan mengkhawatirkan perusahaan, sebab artinya pengguna potensial yang tertarik dengan jejaring sosial ini kian menyusut.
 
Clubhouse dilaporkan mencoba untuk tetap relevan dengan konsumen via peluncuran fitur baru berkemampuan memonetisasi obrolan langsung, juga program untuk membantu membuat konten. Namun, langkah yang diambil Clubhouse ini dinilai tidak cukup untuk mempertahankan tahtanya.
 
Sebagai pengingat, sejumlah perusahaan yang bergerak di ranah jejaring sosial turut mencoba peruntungan mereka di bidang yang sama dengan Clubhouse, termasuk Twitter, Facebook, LinkedIn, dan Telegram, bahkan Spotify.
 
Platform jejaring sosial tersebut telah memperkenalkan platform siarang audio langsung karyanya mereka, pada dasarnya merupakan fitur dengan kemampuan serupa Clubhouse. Twitter menjadi salah satu platform jejaring sosial yang berhasil menghadirkan pesaing untuk Clubhouse.
 
Platform bertajuk Spaces tersebut telah dapat diakses secara luas via aplikasi mobile versi Android dan iOS. Kehadiran Spaces di dua platform mobile populer dunia ini dinilai lebih menguntungkan, sebab Clubhouse baru dapat dinikmati oleh pengguna iOS dan baru tersedia versi beta untuk perangkat Android.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif