Zoom dilaporkan tengah mengembangkan layanan email dan kalendar untuk platform konferensi videonya.
Zoom dilaporkan tengah mengembangkan layanan email dan kalendar untuk platform konferensi videonya.

Zoom akan Luncurkan Layanan Email dan Aplikasi Kalendar

Teknologi teknologi zoom
Lufthi Anggraeni • 26 Desember 2020 11:05
Jakarta: Platform konferensi video Zoom mengalami masa gemilang pada tahun 2020 ini, dengan harga saham mengalami peningkatan pesat, lebih dari 500 persen akibat penerapan metode kerja dari rumah sebagai dampak dari pandemik Covid-19.
 
Mengutip The Verge, Zoom kini berupaya melakukan ekspansi di luar ranah platform percakapan video terkait pekerjaan dan ke teritori baru, khususnya layanan email dan kalendar. Zoom telah mengembangkan produk email, dan laporan yang beredar menyebut bahwa layanan email web Zoom akan mulai diuji paling awal pada tahun 2021 mendatang.
 
Aplikasi kalendar dilaporkan akan dirilis lebih lambat dan masih belum tersedia informasi menyoal dimulainya pengembangan aplikasi ini. Namun kedua ide ini menjadi ranah potensial untuk dieksplorasi oleh Zoom, terutama jika perusahaan mulai mengizinkan pegawai kembali bekerja di kantor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, ketergantungan pada platform konferensi video mengalami penurunan karena distribusi vaksin Covid-19 meningkat hingga tahun 2021 mendatang. Sementara itu, Zoom menolak untuk berkomentar menyoal hal ini.
 
Sejumlah kompetitor utama Zoom merupakan platform konferensi video yang menawarkan paket dengan dukungan rangkaian aplikasi enterprise lebih luas, dengan dua platform utama yaitu Microsoft via platform Office 365 dan Google dengan paket Workspace.
 
Kedua platform ini menawarkan produk kalendar, email dan konferensi video, dinilai menjadi pendorong utama bagi Zoom untuk menawarkan layanan kalendar dan email sehingga layanannya tidak hanya menjadi platform dengan tujuan tunggal.
 
laporan The Information menyampaikan sejumlah pertanda yang mengindikasikan bahwa Zoom tertarik dalam pengembangan rangkaian aplikasi enterprise lengkap, termasuk unggahan soal pekerjaan untuk fitur percakapan menarik, serta integrasinya yang telah ada dengan aplikasi lain seperti Asana dan Dropbox.
 
Namun, selalu ada kemungkinan bagi Zoom untuk memutuskan menunggu dan menanti peralihan metode kerja kembali ke kantor akan mempengaruhi bisnis dan peluang metode kerja dari rumah menjadi faktor tetap dalam kehidupan di masa mendatang.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif