Telkom menggelar program inkubasi atau akselerasi tahap kedua dan terakhir untuk tahun 2020 ini.
Telkom menggelar program inkubasi atau akselerasi tahap kedua dan terakhir untuk tahun 2020 ini.

Telkom Kembali Gelar Program Indigo Batch 2 - 2020

Teknologi teknologi Telkom
Lufthi Anggraeni • 21 Oktober 2020 16:11
Jakarta: PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) membuka kembali program inkubasi atau akselerasi startup digital, Indigo Creative Nation, program inkubasi atau akselerasi startupyang mengusung prinsip kreativitas dalam berbisnis dari nurturing creativity hingga tahap Follow-on-Funding (FoF).
 
“Untuk itu dengan bangga kami umumkan Indigo Batch 2 - 2020, dimana kami akan mencari startup-startup dari 6 kategori untuk kami inkubasi, akselerasi, hingga mereka dapat mengeksplorasi digital business yang berpotensi menjadi new engine of growth,” ujar Direktur Digital Business Telekomunikasi Indonesia Fajrin Rasyid.
 
Indigo Creative Nation merupakan inisiatif tahunan Telkom yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing, kemandirian, dan pertumbuhan ekonomi nasional melalui pengembangan industri digital kreatif. Selain pendanaan, startup dalam program Indigo Creative Nation akan mendapatkan aktivitas pelatihan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Indigo Creative Nation juga menyiapkan program end-to-end untuk inkubasi atau akselerasi startup. Program ini telah membina 31.748 talenta digital tersebar di 17 DILo (Digital Innovation Lounge) di seluruh Indonesia.
 
Sebanyak 177 startup digital telah masuk program inkubasi dan akselerasi market yang bertempat di 4 DiVa (Digital Valleys) yaitu di Jakarta, Bandung, Jogja, dan Makassar. Sementara itu, Indigo Batch 2 - 2020 merupakan gelombang kedua dan terakhir dari program Indigo Creative Nation pada tahun 2020.
 
Indigo Batch gelombang pertama tahun 2020 ini sudah dimulai pada bulan Mei lalu, dan sebanyak 201 startup mendaftar untuk ikut program ini. Mendapatkan 35 startup, Telkom Indonesia melakukan proses penyaringan dari mulai on desk selection hingga pitching.
 
Sebanyak 18 startup kemudian terpilih untuk masuk ke dalam program Indigo Batch 1 - 2020. Pada gelombang kedua ini, Telkom Indonesia juga menyediakan pendanaan hingga Rp 2 Miliar untuk Indigo Batch 2 - 2020.
 
Pendanaan tersebut akan ditujukan untuk pertumbuhan dan tahap awal pengembangan startup. Terdapat 6 kategori startup yang akan menjadi fokus Telkom untuk ikut program ini, yaitu logistik, keuangan, pendidikan, perjalanan & pariwisata, pertanian, dan kesehatan.
 
Pendanaan tersebut akan ditujukan untuk pertumbuhan dan tahap awal pengembangan startup. Terdapat 6 kategori startup yang akan menjadi fokus Telkom untuk ikut program ini, yaitu logistik, keuangan, pendidikan, perjalanan & pariwisata, pertanian, dan kesehatan.
 
Startup yang berhasil masuk ke program Indigo Creative Nation ini berupa akses ke 180 juta pengguna Telkomsel, 7.5 juta pengguna IndiHome, 200 ribu corporate customer termasuk UMKM Telkom, serta 800 ribu outlet di dalam Telkom Group Market Access Market.
 
Selain itu, Telkom juga akan memberikan dukungan untuk mendapatkan venture capital (VC) dan inkubator atau akselerator di tingkat global.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif