Indosat Ooredoo menghadirkan produk inovasi dalam layanan cloud, yakni CloudConnect (Foto:Dok.Indosat Ooredoo)
Indosat Ooredoo menghadirkan produk inovasi dalam layanan cloud, yakni CloudConnect (Foto:Dok.Indosat Ooredoo)

5 Manfaat Cloud as a Service untuk Cara Kerja Baru Pascapandemi

Teknologi Indosat Ooredoo
Gervin Nathaniel Purba • 03 Desember 2020 21:27
Jakarta: Pada masa pandemi ini, cloud service menawarkan solusi untuk menunjang kegiatan bisnis. Keunggulannya yang mudah diakses dari mana saja sangat bermanfaat. Terutama bagi perusahaan yang memerlukan penerapan kerja secara remote atau work from home.
 
Cloud Service dibuat untuk memberikan akses yang mudah dan terjangkau kepada aplikasi dan sumber daya TI tanpa memerlukan infrastruktur maupun perangkat keras internal. 
 
Cloud service bekerja dengan pengelolaan yang dilakukan oleh vendor komputasi awan Mereka bertugas menyediakan server dan seluruh sistem lainnya, sehingga perusahaan tidak harus  menyediakan infrastruktur dan perangkat lainnya sendiri. Namun, tentu saja semua ini dapat dikustomisasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, cloud service juga menawarkan sejumlah manfaat lain yang sangat cocok untuk menunjang kegiatan berbisnis saat ini.


1. Hemat Biaya


Manfaat utama yang dirasakan oleh para pelaku bisnis ialah hemat biaya. Sistem cloud secara umum lebih terjangkau karena provider cloud sudah mendistribusikan biaya infrastruktur dan layanan mereka pada banyak bisnis sehingga perusahaan tidak di bebankan dengan biaya pembelian infrastruktur dan pemeliharaan layanan. 


2. Fleksibilitas


CEO konsultan e-commerce PDB Sales Inc Tao Wang mengatakan penyimpanan data melalui cloud lebih mudah prosesnya, sekalipun perusahaannya harus berpinda kantor sebanyak lima kali dalam tujuh terakhir.
 
"Dengan solusi penyimpanan data online, pengaturan untuk kantor (baru) telah menjadi masalah plug-and-play," ujar Wang, dikutip Business News Daily.


3. Bekerja dengan Sistem Remote


Robyn Tippins, salah satu pendiri agensi pemasaran Mariposa, mengatakan bahwa dengan kantor di tiga negara bagian dan memiliki konsultan di seluruh dunia, penyimpanan data online memungkinkan perusahaan untuk berbagi file secara efisien.


4. Tingkat Keamanan Tinggi


Meskipun memberikan kemudahan akses, penyimpanan cloud juga menawarkan keamanan tingkat tinggi, dengan mengaktifkan izin akses kepada masing-masing pengguna.


5. Bisa Bekerja dari Mana Saja


Manfaat mobilitas yang disediakan oleh cloud meningkatkan kinerja bisnis. Bekerja dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja.
 
Melihat kebutuhan akan layanan cloud, Indosat Ooredoo menghadirkan produk inovasi dalam layanan cloud, yakni CloudConnect. Kehadiran CloudConnect dinilai dapat memberikan dukungan kepada beragam industri dalam meningkatkan kualitas jaringan IT demi menunjang produktivitas.
 
CloudConnect merupakan sebuah layanan baru yang memberikan konektivitas ke public cloud dengan menggunakan konsep Network-as-a-Service (NaaS). Kolaborasi bersama NetFoundry ini menjadikan Indosat Ooredoo Business sebagai penyedia layanan NaaS pertama berbasis full-software di Indonesia.
 
CloudConnect memiliki banyak keunggulan, yaitu mampu meningkatkan performa network hingga lima kali lebih cepat dibandingkan alternatif network biasa, seperti traditional VPN. Hal ini karena teknologi CloudConnect menerapkan mekanisme “Quality of Experience (QoE)” dan juga pemilihan “Best Path Routing” yang sangat membantu untuk mengoptimalkan performa network.
 
Perusahaan pun dapat dengan mudah terhubung ke public cloud seperti Google, AWS, Azure, dan Alibaba.
 
Keunggulan lainnya, CloudConnect dapat digunakan oleh para pekerja di berbagai device, seperti laptop, ponsel berbasis Android atau IoS, dan perangkat IoT. Dengan kemudahan tersebut perusahaan dapat membuat virtual network dalam waktu singkat dan tanpa memerlukan perangkat keras.
 
CloudConnect juga mengadopsi zero trust network security, yaitu lima lapisan model keamanan yang disempurnakan untuk membuat network invisible yang dapat mengamankan akses jarak jauh ke cloud.
 
CloudConnect memungkinkan perusahaan untuk menerapkan sistem bekerja di mana saja, kapan saja, dan melalui perangkat apa pun yang dimiliki. Inovasi baru cloudConnect ini diharapkan dapat mendorong sektor bisnis di Indonesia untuk selalu menjadi yang terdepan.
 
Selengkapnya mengenai CloudConnect klik di sini.

 
(ROS)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif