Akibat berbagai kendala, Xiaomi mengalihkan produksi smartphone ke Vietnam.
Akibat berbagai kendala, Xiaomi mengalihkan produksi smartphone ke Vietnam.

Xiaomi Alihkan Produksi Smartphone ke Vietnam

Lufthi Anggraeni • 06 Juli 2022 09:13
Jakarta: Produsen smartphone di Tiongkok mengalami banyak kendala selama satu tahun terakhir dan mencari lini produksi dan rantai pasokan alternatif. Xiaomi kini telah mengalihkan pandangannya ke Vietnam.
 
Mengutip GSM Arena, Xiaomi telah mengirimkan batch pertama smartphone yang diproduksi di fasilitas produksi barunya di Vietnam. Fasilitas baru ini berlokasi di Vietnam utara dan mewakili investasi bernilai USD80 juta (Rp1,2 triliun) mencakup area seluas 200 ribu meter persegi.
 
Sementara itu, DBG Technology yang berbasis di HongKong dipercaya sebagai pihak yang menjalankan dan mengawasi produksi tersebut. Xiaomi bertujuan untuk memanfaatkan fasilitas di Vietnam sebagai hub untuk ekspor ke negara sekitarnya di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Thailand.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Xiaomi menduduki peringkat kedua dalam hal pangsa pasar di Vietnam dengan perolehan sebesar 22 persen, dan mengekor di belakang Samsung yang memiliki pangsa pasar sebesar 34 persen.
 
Sebagai informasi, hub manufaktur Xiaomi lainnya berlokasi di Tiongkok dan India. Sebelumnya, Xiaomi mengumumkan kehadiran Xiaomi TV A2 Series dan Xiaomi TV P1E 65 di pasar Indonesia.
 
Dua seri Smart TV ini diklaim melengkapi pengalaman #LebihSmart, berkat dukungan siaran digital DVB-T2. Dukungan tersebut sebelumnya telah hadir di Xiaomi TV Q1E 55 yang meluncur Juni lalu.
 
Sementara itu, Xiaomi resmi memperkenalkan smartphone pertama mereka yang menjadi penanda kerja sama pertama dengan Leica, yaitu Xiaomi 12S Series. Di sini ada tiga varian yang diperkenalkan adalah Xiaomi 12S, 12S Pro, dan 12S Ultra.
 
Meskipun dijanjikan menyajikan kualitas foto yang memukau lewat bantuan Leica namun penggemar gadget di Indonesia mungkin belum bisa segera mencobanya. Kabarnya, ketiga smartphone Xiaomi 12S masih diluncurkan di Tiongkok saja, bukan global.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif