Kelompok peretas mengancam akan mengubah GPU Nvidia untuk menambang bitcoin.
Kelompok peretas mengancam akan mengubah GPU Nvidia untuk menambang bitcoin.

Hacker ini Ancam Ubah GPU Nvidia jadi Penambang Bitcoin

Lufthi Anggraeni • 04 Maret 2022 11:15
Jakarta: Kelompok peretas bernama Lapsus$ mengancam untuk mengubah GPU NVIDIA menjadi penambang bitcoin, dan menyebut bahwa data software dan firmware untuk GPU Nvidia Lite Hash Rate (LHR dapat segera bocor via online jika Nvidia gagal memenuhi tuntutan.
 
Mengutip Techradar, rencana kelompok tersebut untuk merilis data kepemilikan perusahaan ini pertama kali dibagikan via saluran Telegram resminya. Kebenaran data ini belum terverifikasi, namun Lapsus$ telah memasang pengumuman soal penjualan informasi tersebut.
 
Informasi Lapsus$ ini memungkinkan penambangan mata uang kripto via LHR Nvidia yang diimplementasikan pada GPU, menampilkan chip GA102 dan GA104. Apabila data yang disebutkan dalam ancaman tersebut terbukti asli, maka hal ini berpeluang untuk menghentikan penurunan harga kartu grafis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penurunan ini disebabkan karena GPU dapat digunakan untuk menambang Bitcoin dan berbagai mata uang kripto lainnya. Selain itu peluang informasi yang disimpan dalam data berukuran 1TB hasil curian dari Nvidia ini melalui LHR turut memicu kekhawatiran lain.
 
Apabila berhasil melalui LHR, maka pengguna juga akan dapat memanfaatkan kekuatan dari RTX 3060 hingga RTX 3090 untuk menambang mata uang kripto. Sementara itu selain Lapsus$ tidak hanya mengancam untuk membocorkan data kepemilikan perusahaan dalam bentuk skema, driver, firmware, dokumentasi, alat pribadi, dan Software Development Kits (SDK).
 
Lapsus$ juga meminta Nvidia untuk menghapus pembatas LHR tersebut. Apabila perusahaan memenuhi permintaan ini, Lapsus$ berjanji untuk tidak membocorkan dan mendistribusikan folder HW dari data yang dicuri.
 
Namun, langkah ini dinilai aneh mengingat kelompok ini mengklaim pihaknya memiliki software yang diperlukan untuk melakukan berbagai proses yang dimintanya tersebut. Lapsus$ juga mengklaim telah memiliki seluruh informasi terkait Falcon milik Nvidia.
 
Sebagai informasi, Falcon adalah kelas mikrokendali khusus yang disertakan di dalam seluruh GPU Nvidia dan bertugas menangani berbagai peran, dari decoding video, penyalinan memori hingga keamanan.
 
Lapsus$ dilaporkan belum dihubungi oleh Nvidia, namun sumber yang telah mengakses data curian ini mengklaim seluruh informasi yang disampaikan sesuai dengan klaim. Sementara itu, Nvidia dilaporkan tengah berusaha untuk meretas kelompok ini dengan menyebarkan ransomware guna mencegah kebocoran data yang dicuri.
 
Namun, Lapsus$ telah melakukan backup data sebelum serangan ransomware terjadi, dan hingga saat ini, Nvidia masih dilaporkan masih menyelidiki insiden ini serta menunggu kejelasan terkait data yang dicuri dari Lapsus$.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif