Mediatek berencana untuk merilis chipset G-series pengganti Helio G96, dengan proses 6nm.
Mediatek berencana untuk merilis chipset G-series pengganti Helio G96, dengan proses 6nm.

Mediatek akan Rilis Chip G-series 6nm Pertama di Q3

Lufthi Anggraeni • 18 Februari 2022 14:00
Jakarta: Sumber terpercaya berbagi informasi terkait rencana masa depan Mediatek untuk chipset G-series karyanya. Produsen ini berencana untuk merilis chip baru berbasis proses manufaktur 6nm untuk menggantikan chipset popular karyanya, Helio G96.
 
Mengutip GSM Arena, chipset Helio G96 yang tersedia di pasar saat ini berbasis node 12nm versi lama, sehingga sudah memasuki fase untuk digantikan dengan versi terbaru. Hingga saat ini, chipset pengganti tersebut disebut sebagai Next-G, sebab belum menerima nama pemasaran resmi.
 
Chipset ini menggunakan konfigurasi CPU yang sama dengan G96, dengan dua Cortex-A76 core berkecepatan lebih dari 2,0GHz dan enam Cortex-A55 2,0GHz. Sedangkan GPU masih sama dengan Helio G96, yaitu Mali G57 MC2.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Image Signal Processor (ISP) pada chipset ini diklaim mampu menangani kamera 108MP, perekaman video 2K pada 30fps, sedangkan GPU mendukung layar beresolusi FHD+ berkecepatan clock 120Hz.
 
Dengan kata lain, ISP tersebut diperkirakan sebagai ISP yang juga digunakan oleh Helio G96. Namun, chipset ini belum didukung konektivitas 5G, dan mendukung jaringan 4G. Mediatek dikabarkan akan mengumumkan chipset Next-G ini sebelum semester pertama tahun ini berakhir.
 
Rumor lain yang beredar menyebut produsen asal Tiongkok bernama Doogee akan menjadi pihak pertama yang akan mengadopsi Next-G setelah chipset ini telah secara resmi meluncur dan tersedia di pasar.
 
Sebelumnya, Mediatek merilis teaser terkait platform Dimensity 8000 pada bulan Desember lalu, dan rumor yang beredar menyebut chipset ini akan diproduksi dengan proses 5nm oleh TSMC. Chipset ini dilaporkan hampir siap untuk diluncurkan.
 
Kini leakster Digital Chat Station mengungkap bahwa chipset ini akan meluncur pada bulan Maret mendatang, dengan nama Dimensity 8100. Chipset ini akan didukung oleh CPU octa-core, dengan empat core performa Cortex-A78 berkecepatan 2.75 GHz.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif