Canalys melaporkan pertumbuhan smartphone global mendekati level pra-pandemi.
Canalys melaporkan pertumbuhan smartphone global mendekati level pra-pandemi.

Canalys: Pasar Smartphone Pulih ke Level Pra-Covid pada 2021

Teknologi smartphone
Lufthi Anggraeni • 29 Januari 2022 12:07
Jakarta: Menurut laporan terbaru Canalys, pasar smartphone global mengapalkan smartphone sebanyak 1,35 miliar selama tahun 2021, mewakili pertumbuhan sebesar 7 persen jika dibandingkan dengan tahun 2020.
 
Pertumbuhan tersebut juga disebut Canalys mendekati level pra-pandemi sebesar 1,37 miliar yang tercatat selama tahun 2019 lalu. Vendor yang menduduki peringkat lima teratas juga belum berubah, dengan Samsung sebagai vendor yang menduduki peringkat pertama.
 
Pada laporan terbaru Canalys ini, Samsung memimpin dengan pengapalan sebanyak 274,5 juta perangkat dan pangsa pasar sebesar 20 persen. Apple menduduki peringkat kedua dengan pengapalan sebanyak 230 juta dan pangsa pasar sebesar 17 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Xiaomi menduduki peringkat ketiga dengan jumlah pengapalan sebanyak 191 juta unit dan pangsa pasar sebesar 14 persen, serta meraih pertumbuhan tahunan tertinggi dari seluruh merek sebesar 28 persen.
 
Pada daftar lima merek teratas, Oppo menduduki peringkat keempat dengan pengapalan sebanyak 145 juta unit, sudah termasuk unit dari OnePlus, dan pangsa pasar 11 persen. Sedangkan peringkat kelima ditempati oleh vivo dengan pengapalan sebanyak 129,9 juta unit dan pangsa pasar 10 persen.
 
Kelangkaan pasokan yang masih terjadi di industri ini tidak menyurutkan permintaan konsumen terhadap smartphone baru yang terus mengalami peningkatan pada tahun 2021 lalu. Segmen smartphone terjangkau di Asia Pasifik, Timur Tengah dan Amerika Latin disebut sebagai pendorong pertumbuhan utama selama tahun lalu.
 
Permintaan untuk perangkat high-end Samsung dan Apple mengalami peningkatan besar, dengan Samsung meraih targetnya menjual delapan juta perangkat layar lipat, sedangkan Q4 Apple menjadi kuartal terkuat dari seluruh merek dengan pengapalan sebesar 82,7 juta unit.
 
Sementara itu, Canalys memprediksi tahun 2022 juga akan menjadi tahun dengan pertumbuhan pasar smartphone yang kuat. 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif