Menkominfo Johnny G. Plate. (Kominfo)
Menkominfo Johnny G. Plate. (Kominfo)

Menkominfo Johnny: 5G Dorong Lompatan Besar Inovasi Digital

Teknologi Kominfo teknologi telekomunikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 23 Juni 2021 16:39
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan pandangan dalam sesi virtual peresmian koneksi 5G Indosat Ooredoo. Diketahui bukan cuma satu operator seluler saja, Telkomsel juga sudah melakukan komersialisasi jaringan 5G bulan lalu.
 
“Melalui 5G, adopsi dan inovasi teknologi digital di berbagai sektor dapat terus kita tingkatkan, baik untuk pengembangan ekonomi, health technology, education technology, electronic government, dan smart city, serta berbagai sektor lainnya,” ungkap Menkominfo Johnny.
 
Dia menilai kehadiran 5G di Indonesia menjadi titik lompatan menuju Indonesia  semakin digital, sekaligus semakin satu, semakin cerdas, dan semakin maju. Selain itu, Menkominfo menyarakan jaringan 5G juga merupakan momentum percepatan akselerasi transformasi digital.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembangunan infrastruktur 5G yang berkelanjutan dan semakin merata diharapkan mendorong masyarakat memanfaatkan ekosistem teknologi tersebut yang didukung semakin banyak pilihan perangkat seluler yang mendukung koneksi jaringan generasi terbaru tersebut.
 
Meskipun demikian Menkominfo Johnny menegaskan bahwa penyediaan dan pemerataan infrastruktur jaringan telekomunikasi 4G dan 5G akan berjalan bersamaan. Saat ini jaringan 4G masih menjadi tulang punggung transformasi digital di seluruh wilayah tanah air.
 
Dia menyebutkan bahwa Kementerian Kominfo sudah melakukan tiga langkah untuk mendukung pemanfaatan dan pengembangan teknologi 5G. Pertama, penyiapan pita spektrum frekuensi yang memadai melalui farming dari refarming frekuensi spektrum. 
 
Kedua, mendorong pengembangan sumber daya manusia atau talenta digital yang berkualitas dan berkelanjutan. Ketiga, pembangunan infrastruktur di wilayah 3T (terluar, terdepan, dan tertinggal) juga masih menjadi prioritas.
 
“Melalui tiga upaya tersebut diharapkan Indonesia melakukan lompatan-lompatan besar yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat. Mari bersama-sama wujudkan Indonesia terkoneksi, semakin digital, semakin maju,” ungkap Menkominfo Johnny.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif