Kaspersky menyarankan sektor lokal untuk meningkatkan Intelijen Ancaman setelah transaksi digital alami perkembangan pesat.
Kaspersky menyarankan sektor lokal untuk meningkatkan Intelijen Ancaman setelah transaksi digital alami perkembangan pesat.

Kaspersky Sarankan Sektor Lokal Tingkatkan Intelijen Ancaman

Teknologi cyber security kaspersky
Lufthi Anggraeni • 24 September 2021 10:15
Jakarta: Transaksi uang digital mengalami pertumbuhan signifikan selama pandemi. Kaspersky menilai perkembangan ini sebagai periode penting bagi sektor keuangan untuk mengintegrasikan keamanan dan meningkatkan intelijen ancaman perusahaan di sektor itu.
 
“Pertumbuhan layanan keuangan digital di Indonesia, seperti di wilayah lainnya, menciptakan risiko baru nan tinggi bagi pengguna dan penyedia layanan. Dalam hal ini, teknologi akan berperan menjadi game changer,” ujar General Manager Asia Tenggara Kaspersky Yeo Siang Tiong.
 
Sementara itu, dengan pembatasan sosial dan peningkatan pengaturan kerja jarak jauh, tidak semua bank siap menangani ancaman dunia maya. pembatasan sosial menyebabkan penggunaan pembayaran digital dan platform uang elektronik mengalami peningkatan signifikan dalam waktu singkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemampuan teknologi dan model operasi yang dibangun untuk melanjutkan operasional perbankan, dianggap sebagai bagian penting dalam memastikan kelangsungan bisnis, mempertahankan kontrol dan penyesuaian, serta meningkatkan kinerja meskipun di saat masa penguncian.
 
Bank yang tertinggal dalam upaya transformasi digital juga menyadari perlunya mempercepat perjalanan digitalisasi mereka. Meskipun kecepatan implementasi teknologi digital dianggap serius oleh lembaga keuangan, namun mengamankan platform dan pengguna juga memiliki nilai yang sama besarnya dengan inovasi.
 
Dan dalam Laporan IT Security Economics Kaspersky baru-baru ini, ditemukan bahwa intelijen ancaman dianggap sebagai area investasi untuk 41 persen perusahaan dan 39 persen UMKM dalam menanggapi insiden pelanggaran data.
 
Untuk mengamankan upaya berkelanjutan dalam konektivitas digital, identifikasi, dan infrastruktur pembayaran, kumpulan intelijen ancaman terkini memainkan peran penting dalam mengawasi serangan siber yang kian berkembang baik secara frekuensi dan kompleksitas.
 
Intelijen ancaman berkemampuan mengidentifikasi dan menganalisis ancaman dunia maya yang menargetkan bisnis. Tetapi intelijen ancaman tidaklah sama dengan data ancaman yang berisikan tentang daftar potensi ancaman.
 
Intelijen ancaman adalah ketika spesialis TI atau alat canggih membaca ancaman dan menganalisisnya, dan menerapkan pengetahuan historis untuk mengetahui apakah ancaman tersebut nyata, dan jika memang demikian, apa tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasinya.
 
Bagi organisasi, Kaspersky menyebut intelijen ancaman bermanfaat untuk mencegah kehilangan data. Program intelijen ancaman siber (CTI) terstruktur dengan baik berarti perusahaan dapat mendeteksi ancaman siber dan mencegah pelanggaran data terjadi dan tidak merilis informasi sensitif.
 
Manfaat lainnya yaitu memberikan arahan tentang langkah keamanan. Dengan mengidentifikasi dan menganalisis ancaman, CTI menemukan pola yang digunakan peretas dan membantu bisnis menerapkan langkah keamanan untuk melindungi dari serangan di masa mendatang.
 
Selain itu, intelijen ancaman juga bermanfaat untuk memberikan informasi kepada pihak penting. Setiap harinya, peretas kian pintar sehingga pakar keamanan siber berbagi taktik yang mereka lihat dengan komunitas TI untuk menciptakan basis pengetahuan kolektif dalam kejahatan siber.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif