Facebook mengaku memiliki alasan tersendiri untuk tidak memblokir iklan politik.
Facebook mengaku memiliki alasan tersendiri untuk tidak memblokir iklan politik.

Facebook Beberkan Alasan Tidak Selalu Blokir Iklan Politik

Teknologi media sosial facebook
Lufthi Anggraeni • 31 Oktober 2018 12:49
Jakarta: Facebook mengaku tidak sepenuhnya memblokir iklan politik yang ditayangkan di jejaring sosial miliknya. Diprotes sejumlah pihak, Facebook menyebut perusahaannya memiliki alasan tersendiri di balik keputusannya tersebut.
 
Menurut Facebook, iklan politik tidak diblokir sepenuhnya karena dapat berdampak pada kemampuan kandidat dengan dana kampanye terbatas dalam menjangkau masyarakat lebih luas dan dalam meningkatkan jumlah pendukungnya.
 
Selain itu, Facebook juga menilai bahwa iklan politik dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu tertentu dan mendorong masyarakat pada umumnya untuk secara lebih aktif membagikan dan mengedukasi terkait suatu tujuan baik terhadap masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mempertahankan kehadiran iklan politik akibat penilaian bahwa iklan politik memiliki lebih banyak manfaat jika dibandingkan dengan kerugian, Facebook tidak serta merta melupakan faktor keamanan dari sistem di platform miliknya.
 
Facebook mengaku telah mempersiapkan berbagai cara untuk mencegah penyalahgunaan sistem miliknya, dengan faktor utama adalah transparansi. Transparansi lebih baik disebut Facebook akan mempengaruhi tanggung jawab dan akuntabilitas bagi pengiklan.
 
Cara itu telah diaplikasikan Facebook di wilayah Amerika Serikat, memungkinkan pengguna melihat organisasi pengelola iklan politik, biaya yang dikeluarkan untuk iklan, dan luas jangkauan dari iklan.
 
"Pengguna juga dapat melihat usia, jenis kelamin, dan lokasi dari pengguna yang telah terpapar oleh iklan," kata Facebook dalam keterangan resmi kepada Medcom.id.
 
Facebook juga mengharuskan pengiklan memberitahukan organisasi investor iklan, sebagai bagian dari proses otorisasi yang diluncurkannya pada tahun 2017 lalu, sehingga dapat melakukan proses verifikasi identitas pengiklan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif