Melihat Jajaran Perangkat Anyar Apple
MacBook Air baru.
Jakarta: Apple baru saja merilis beberapa produk barunya, yaitu MacBook Air, Mac Mini, dan iPad Pro. Acara peluncuran ini diadakan beberapa minggu setelah peluncuran iPhone XS dan XR. 

Salah satu perubahan besar yang Apple lakukan pada MacBook Air adalah memasang Retina Display, yang memang telah lama diminta oleh para penggunanya. Mereka juga mengubah tampilan laptop itu dan membawa beberapa fitur baru seperti sensor sidik jari Touch ID. 

Apple terus menyebutkan bahwa laptop-laptop terbarunya adalah "komputer terhijau mereka" karena laptop-laptop itu dibuat dengan proses baru menggunakan aluminium yang didaur ulang sepenuhnya.


Selain perubahan desain, Apple juga menanam hardware baru, membuat MacBook Air baru ini menjadi lebih cepat dari pendahulunya. Di Amerika Serikat, MacBook Air dihargai mulai dari USD1.199. 



Apple juga meluncurkan Mac Pro, yang juga menggunakan aluminium yang telah didaur ulang. Komputer ini juga memiliki tampilan dan hardware baru. Apple telah lama tidak mengacuhkan MacBook Air dan Mac Mini, karena itu, sempat ada kekhawatiran bahwa Apple akan menghapuskan kedua lini itu. 

Sementara itu, Apple juga meluncurkan iPad Pro baru yang juga memiliki desain yang sama sekali berbeda. iPad Pro baru ini tidak memiliki tombol Home pada bagian bawah. Selain itu, Apple juga menghilangkan bezel pada kedua sisi layar.

Itu artinya, Apple memperkenalkan cara baru untuk membuka iPad, yaitu sistem pengenalan wajah, Face ID. Ini adalah kali pertama Apple menggunakan teknologi itu di tablet. 

Apple juga mengganti port Lightning pada bagian bawah dengan port USB-C, yang telah digunakan di berbagai laptop Apple. Namun, ini berarti pengguna iPhone dan iPad tidak bisa mengisi baterai kedua perangkat itu dengan kabel yang sama. 



Perusahaan asal Cupertino itu juga memperkenalkan Apple Pencil baru, yang pertama kali dipamerkan pada peluncuran iPad Pro.

Sekarang, Anda bisa mengisi baterai Apple Pencil dengan meletakkannya pada bagian atas iPad Pro. Apple Pencil juga sudah dilengkapi dengan tombol pada bagian sisinya. Aksesori lain yang Apple luncurkan untuk iPad Pro adalah Smart Keyboard. 

iPad Pro hadir dalam dua varian ukuran, yaitu varian 11 inci dan 12,9 inci. Versi 11 inci dihargai mulai dari USD769 sementara varian yang lebih besar USD969. 



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.